PERILAKU KONSUMEN E-COMMERCE DI KALANGAN REMAJA URBAN (Studi Tentang Gaya Hidup dan Budaya Konsumtif di Kalangan Remaja Kota Surabaya dari Perspektif Cultural Studies)

Hani'atul Mufarida, 070710491 (2011) PERILAKU KONSUMEN E-COMMERCE DI KALANGAN REMAJA URBAN (Studi Tentang Gaya Hidup dan Budaya Konsumtif di Kalangan Remaja Kota Surabaya dari Perspektif Cultural Studies). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-mufaridaha-20519-fisiip-k.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16730.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi informasi khususnya internet telah mampu menyimpan, menyebarluaskan informasi keseluruh penjuru masyarakat secara virtual. Berkembangnya teknologi informasi ini telah merubah perilaku konsumen dalam hal berbelanja dari pasar riil ke pasar virtual. Transformasi budaya belanja ini banyak dipengaruhi oleh meningkatnya penggunaan internet dikalangan masyarakat khususnya remaja. Penggunaan E-commerce sebagai media belanja di dorong oleh sering munculnya iklan pada situs jejaring sosial remaja urban dan peergroup. Belanja di E-commerce dijadikan sebagai sebuah gaya hidup remaja urban dimana belanja di E-commerce dijadikan sebagai upaya eksistensi diri dan identitas remaja urban, tidak berhenti ada gaya hidup media ini telah mampu menjadikan remaja urban berlaku konsumtif karena tampilannya yang menarik, canggih, bisa diakses dimana saja dan menggunakan system pembayaran yang mudah yaitu melalui kartu kredit dan transfer.ada menyebabkan remaja semakin konsumtif. Studi kualitatif pada studi ini berusaha mengungkap makna dibalik perilaku konsumen rema ja urban dalam berbelanja di E-commerce, belanja dalam hal ini merupakann teks budaya. Studi menggunakan perspektif Cultural Studies yang berarti mencoba memahami teks ini dalam ruang lingkup gaya hidup dan budaya konsumtif yang dikembangkan dalam masyrakat urban. Studi ini menghasilkan tiga tipologi pembeli yang pertama adalah Shopaholic Simbolik, Cenderung dipengaruhi oleh iklan, teman, peergroup, Cenderung melakukan perilaku yang mengarah untuk mempertahankan eksistensi diri (pembentukan identitas yang membedakan dengan orang lain), menjadi trendsetter danc cenderung membeli barang-barang simbolik dan berperilaku devian (menyimpang),sedangkan Reality Shopaholic Cenderung tidak terpengaruh oleh pihak eksternal (iklan, teman, peergroup), Cenderung digunakan sebagai sarana pemenuhan kebutuhan hidup, dan Cenderung membeli arang berdasarkan nilai guna barang, berperilaku secara wajar. Kata kunci: perilaku konsumen, gaya hidup, E-commerce, Cultural studies, Shopaholic Simbolik, dan Reality Shopaholic

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 41/11 Muf p
Uncontrolled Keywords: CUNSUMER BEHAVIOR ; E-COMMERCE
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Hani'atul Mufarida, 070710491UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 31 Oct 2011 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 07:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16730
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item