ALFA SHALATINE CTEWA, 070417219 (2011) PROFIL DEMOGRAFIS DAN PSIKOGRAFIS PEMBACA WANITA MAJALAH SHOP SHOP DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak Fis K 16-11 Tew p.pdf Download (383kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
16754.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Segmentasi pasar adalah suatu konsep yang sangat penting dalam kehidupan ini. Dalam kegiatan segmentasi pasar digunakan untuk memilih pasar sasaran, mencari peluang, menggerogoti segmen pemimpin pasar, merumuskan pesan-pesan komunikasi, melayani lebih baik, menganalisis perilaku konsumen, dan sebagainya. (Kasali, 2007:26). Pengelompokan segmentasi tersebut sangat penting untuk media, khususnya majalah. Belakangan ini jumlah pertumbuhan majalah sangat pesat, khususnya majalah wanita. Potensi industri media untuk wanita sangatlah besar. Wanita adalah potensi pasar yang sangat luar biasa (Khasali, 2007:452). Dalam kehidupan ini, wanita adalah manajer pembelian untuk bermacam-macam jenis dan kategori barang&jasa. Dengan semakin majunya pendidikan wanita, produk-produk yang di masa lalu hanya layak ditargetkan untuk pria sekarang pun berpotensi besar ditargetkan kepada kaum wanita. Penerbitan majalah SHOP&SHOP dapat menjadi referensi bagi kaum wanita untuk berbelanja di butik-butik lokal di Surabaya yang menjual pakaian berbagai jenis pakaian dan aksesoris wanita dengan berbagai harga dan jenis yang berbeda satu sama lain. Kehadiran majalah ini secara praktis dapat membantu wanita untuk memenuhi informasi tentang kebutuhan gaya hidup, khususnya dalam hal fashion dan kecantikan. Untuk mengetahui segmentasi pasar majalah SHOP&SHOP maka perlu diadakan penelitian tentang profil demografis dan psikografis. Demografis membagi konsumen berdasarkan usia, status perkawinan, pendidikan, suku bangsa,pekerjaan, dan penghasilan. Sedangkan profil psikografis membagi konsumen berdasarka AIO (ativity, interest and Option) dengan mengetahui profil demografis dan psikografis pembaca, maka Majalah SHOP&SHOP akan memahami segmentasi market mereka. Profil Psikografis majalah SHOP&SHOP dibagi menjadi empat klaster yaitu, The Cheerfull Humanist, The Optimistic Family, The Savvy Conqueror/City Slickers, dan The networking Pleasure Seeker. Dengan ditemukannya klaster tersebut maka pihak manajemen Majalah SHOP&SHOP akan semakin mudah melakukan segmentasi pasar. Penelitian psikografis sangat dibutuhkan untuk membaca gaya hidup konsumen. Setelah ditemukannya empat klaster tersebut, maka majalah SHOP&SHOP dapat melakukan strategi komunikasi dan memperoleh segmentasi pasar yang lebih tajam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK 2 Fis. K. 16/11 Tew p | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | DEMOGRAFIS, PSIKOGRAFIS | |||||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media | |||||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Nn Dewi Rekno Ulansari | |||||||||
Date Deposited: | 04 Nov 2011 12:00 | |||||||||
Last Modified: | 19 Jun 2017 16:36 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16754 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |