PERILAKU PENEMUAN INFORMASI IBU HAMIL PADA PASIEN DAN PENGUNJUNG RSUD KABUPATEN JOMBANG

PRASETIYO NUGROHO (2011) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI IBU HAMIL PADA PASIEN DAN PENGUNJUNG RSUD KABUPATEN JOMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-nugrohopra-20843-fisiip-k.pdf

Download (336kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku penemuan informasi sangat penting sekali khususnya bagi ibu hamil. Penemuan informasi yang telah dilakukan oleh ibu hamil digunakan untuk mempersiapkan kelahirannya. Informasi yang diperoleh ibu hamil bersumber dari segala hal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi karakteristik responden, mengetahui gambaran perilaku penemuan informasi kesehatan ibu hamil serta mengetahui hambatan yang ditemui ibu hamil dalam penemuan informasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di RSUD Kabupaten Jombang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan 100 ibu hamil dijadikan sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara terstruktur serta adanya data sekunder dari dinas kesehatan Kabupaten Jombang. Berdasarkan hasil peneitian didapatkan bahwa karekteristik responden yang menyangkut usia saat hamil, tingkat pendidikan serta pekerjaan sangat mempengaruhi dalam penemuan informasi. Penemuan informasi yang didapatkan responden yakni mengenai kesehatan janin dan ibunya; asal sumber informasi. Hambatan yang dirasakan oleh ibu hamil dalam penemuan informasi yakni hambatan geografis serta kekhawatiran ibu terhadap kehamilannya. Kesimpulan dari penelitian ini yakni karakteristik responden serta sumber dan saluran informasi sangat mempengaruhi responden untuk mendapatkan informasi. Selain itu, hambatan penemuan informasi juga dirasakan oleh responden untuk mendapatkan informasi secara lengkap. Kata kunci : Ibu hamil, penemuan informasi, sumber informasi, saluran informasi, hambatan dalam penemuan informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 48/11 Nug p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR ; PREGNANCY
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
PRASETIYO NUGROHOUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHelmy Prasetyo Y, S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 15 Nov 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 05:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16785
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item