AHMAD NURUL SULTHONI
(2011)
FENOMENA "SNEAKER" (Studi Interaksionisme Simbolik Tentang Makna Sneaker dalam Komunitas Sneakerhead di Surabaya).
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Sneakerhead adalah sebutan bagi para pengolektor sepatu sneaker yang identik dengan aktivitas mengoleksi sepatu sneaker secara berlebihan. Bahkan bagi sebagian masyarakat aktivitas para sneakerhead ini di pandang dengan sebelah mata. Akan tetapi fenomena perkembangan sepatu sneaker ini meluas di kalangan anak muda jaman sekarang yang di adopsi dari culture hiphop Amerika Serikat. Tetapi, sebuah sepatu dapat menjadi simbol baru dalam komunitas tertentu sehingga terbentuklah sebuah interaksi, bahkan dapat menciptakan sebuah komunitas baru yaitu komunitas pecinta sepatu sneaker.
Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk-bentuk interaksi yang dilakukan sneakerhead, dan bagaimana para sneakerhead dalam memaknai sneaker. Dalam penelitian ini digunakan dua teori yakni, teori interaksionisme simbolik Herbert Blumer dan teori kelompok sosial. Dalam penelitian ini menggunakan metode snow ball artinya cara pengambilan subyek penelitian secara bertahap. Pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara mendalam.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi sosial komunitas sneakerhead terdiri dari interaksi di dunia maya, di dalam kaskus dan di interaksi ketika ada pertemuan ‘gathering’. Sedangkan makna yang diberikan oleh sneakerhead terhadap sepatu sneaker, yaitu makna obyektif atau makna yang lebih mendalam dan berkembang pada komunitas sneakerhead, bahwa sepatu sneaker merupakan simbol kebanggaan. Simbol sepatu sneaker yang ditangkap oleh individu sebagai symbol dalam interaksinya, ditafsirkan terlebih dahulu dengan cara memberikan makna terlebih dahulu sebelum akhirnya individu memutuskan untuk bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung istilah tersebut.
Actions (login required)
|
View Item |