PERILAKU SAKIT PENDERITA KANKER PAYUDARA (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Perilaku Kesehatan Penderita Kanker Payudara di Surabaya)

ARDITIYO ROMI RIZKIANTO (2011) PERILAKU SAKIT PENDERITA KANKER PAYUDARA (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Perilaku Kesehatan Penderita Kanker Payudara di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu jenis penyakit kronis yang banyak dicemaskan oleh masyarakat adalah penyakit kanker. Penyakit kanker menduduki urutan kedua teratas dalam daftar penyakit yang paling mematikan versi WHO setelah HIV. Di Indonesia, salah satu penyakit kanker yang paling mematikan adalah kanker payudara (breast cancer). Penyakit yang sebagian besar menyerang perempuan ini telah menjadi momok bagi perempuan di Indonesia, bahkan di dunia sekalipun, karena penyakit ini termasuk harapan hidupnya tipis. Peneliti melakukan penelitian untuk menjelaskan bagaimana kanker payudara mempengaruhi perilaku sakit dan peran social penderita di dalam keluarga dan lingkungannya. Dalam hal ini peneliti menggunakan teori perilaku sakit D.Mechanics, dan teori peran sakit Suchman. Dalam metodologi, tipe penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah beberapa tempat di Surabaya, diantaranya daerah Mayjend Sungkono, Gubeng Airlangga, serta Rungkut Industri. Subjek penelitian berjumlah tiga orang, yakni D;seorang mahasiswi, I; seorang dosen perguruan tinggi swasta, serta Iramaya Haryuni; seorang wanita karier. Teknik penentuan subjek menggunakan purposive. Teknik analisis yang digunakan dengan melakukan wawancara mendalam (In-dpeth Interview). Beberapa temuan yang diperoleh peneliti yakni dengan status subjek yang berubah menjadi orang sakit, maka peran subjek pun ikut berubah. Contoh subjek I sebagai seorang dosen, tidak bisa mengajar dalam waktu yang lama, dalam rumah tangga semua pekerjaan digantikan perannya oleh suami serta anak. Subjek Irmaya Haryuni, karena terkena penyakit kanker payudara, dia harus keluar dari pekerjaanya, menunda perkawinannya, serta tidak boleh memiliki anak dulu selama lima tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. S. 47/11 Riz p
Uncontrolled Keywords: BREAST-CORNER
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA643-645 Disease (Communicable and noninfectious) and public health
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
ARDITIYO ROMI RIZKIANTOUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 24 Nov 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 19:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16840
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item