PROSTITUSI SALES PROMOTION GIRL (Studi Kasus Prostitusi Sebagai Pilihan Rasional Pada Sales Promotion Girl Freelance Di Surabaya )

LIDYA FRANSISKA, 070710283 (2011) PROSTITUSI SALES PROMOTION GIRL (Studi Kasus Prostitusi Sebagai Pilihan Rasional Pada Sales Promotion Girl Freelance Di Surabaya ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-fransiskal-21108-fiss42-k.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-fransiskal-17699-fiss42-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya beberapa sales promotion girl yang mempunyai pekerjaan prostitusi. Prostitusi sudah dianggap menjadi hal yang biasa di kalangan sales promotion girl freelance bahkan tidak ada rasa keterpaksaan dalam menjalani prostitusi. Peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian mengenai prostitusi sales promotion girl . Studi ini mengkaji mengapa para sales promotion girl freelance tersebut melakukan praktek prostitusi di sela-sela jam bekerja. Teori yang digunakan untuk menganalisis fenomena ini adalah teori pilihan rasional yang dijelaskan oleh James S. Coleman. Ada dua unsur utama dalam teori Coleman, yakni aktor dan sumber daya. Sumber daya adalah sesuatu yang menarik perhatian dan yang dapat dikontrol oleh aktor. Dalam Teori pilihan rasional tidak menghiraukan apa yang menjadi pilihan atau apa yang menjadi sumber pilihan aktor, yang penting adalah kenyataan bahwa tindakan dilakukan untuk mencapai tujuan yang sesuai dengan tingkatan pilihan actor.Metode penelitian yang digunakan digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive dan pemilihan informan telah ditentukan dengan kriteria tertentu,yakni memilih 5 orang sales promotion girl freelance yang melakukan prostitusi dan 1 orang yang non prostitusi.Peneliti memperoleh informan saat bekerja dalam sebuah event yang sama.Pada saat itulah informan menceritakan pengalamannya dalam bidang prostitusi. Setelah melakukan tahapan penelitian, maka peneliti menghasilkan beberapa temuan-temuan pokok. Para sales promotion girl freelance melakukan prostitusi berawal dari asumsi sales promotion girl yang sadar akan potensi sumberdaya yang dimiliki laku di dunia prostitusi. Prostitusi dianggap sebagai pekerjaan yang sangat mudah untuk mendapatkan uang dengan cara yang cepat.Di saat bekerja sales promotion girl mendapatkan akses berupa peluang atau kesempatan yang lebih besar bertemu dengan calon pelanggannya.Prostitusi seakan telah menjadi candu bagi mereka. Berapapun jumlah uang pemasukan yang telah mereka peroleh tidak akan pernah merasa cukup, inilah yang membuat sales promotion girl masih enggan untuk berhenti melakukan prostitusi karena sudah terbiasa dengan gaya hidup yang serba mewah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. S. 42/11 Fra p
Uncontrolled Keywords: SALES PROMOTION ; PROSTITUTION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ101-440.7 Prostitution
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
LIDYA FRANSISKA, 070710283UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDoddy Soembodo Singgih, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 24 Nov 2011 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 00:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16866
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item