KENAKALAN REMAJA DI PONDOK PESANTREN ( Studi Deskriptif Tentang Persepsi Kenakalan Remaja Bagi Santri, Alasan dan Bentuk-Bentuk Kenakalan Remaja di Pondok Pesantren )

AMINATUZZUHRIYAH (2010) KENAKALAN REMAJA DI PONDOK PESANTREN ( Studi Deskriptif Tentang Persepsi Kenakalan Remaja Bagi Santri, Alasan dan Bentuk-Bentuk Kenakalan Remaja di Pondok Pesantren ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-aminatuzzu-21112-fiss.2-k.pdf

Download (344kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Remaja merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat menggantikan generasi-generasi terdahulu dengan kualitas kinerja dan mental yang lebih baik. Namun sayangnya dalam dasawarsa terakhir ini kenyataan menunjukkan hal yang berbeda. Banyak data dan informasi tentang tingkat kenakalan remaja yang mengarah pada tindakan kekerasan dan melanggar hukum. Masyarakat umum memandang pondok pesantren sebagai komunitas khusus yang ideal terutama dalam bidang kehidupan moral/perilaku. Pondok pesantren dianggap sebagai tempat mencari ilmu dan mengabdi, tetapi pengertian ilmu menurut mereka dipandang suci dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari ajaran agama. Mereka selalu berfikir dalam kerangka keagamaan, artinya semua peristiwa empiris dipandang dalam struktur relevansinya dengan ajaran agama. Namun realitanya justru berbalik. Ternyata prinsip-prinsip pesantren mulai bergeser dikalangan santri, khususnya para remaja. Persoalan tersebut dirumuskan dalam permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana santri memaknai kenakalan yang mereka lakukan, apa alasan kenakalan remaja yang terjadi di pondok pesantren, dan bagaimana bentuk-bentuk kenakalan remaja yang terjadi di pondok pesantren,. Tipe penelitian ini adalah deskriptif yang bertujuan mengambarkan persoalan yang diteliti dengan membatasi pada kenakalan remaja dan pondok pesantren. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sosialisasi, teori kontrol sosial dan teori delinkuensi. Lokasi penelitian ini di Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah karena pondok pesantren ini memiliki peraturan yang ketat. Pengumpulan data dilakuan dengan mengunakan data primer yang diperoleh dari wawancara dengan informan dan data sekuder dari berbagai sumber yang mendukung permasalahan yang diteliti. Penentuan informan mengunakan purposive sampel dengan mewawancarai 5 informan sebagai informan primer yaitu para santriwan dan santriwati, disamping itu satu orang sebagai informan pendukung dimana mengetahui persoalan-persoalan yang dimaksud dalam penelitian sehingga realitas yang ada benar membuktikan kondisi yang ada. Data yang diperoleh dianalisis mengunakan analisis kualitatif dimana tahapannya yaitu data ditranskrip, dikelompokkan, dianalisis sesuai persoalan yang dibahas. Dari studi ini dapat diketahui persepsi nakal di kalangan santri, yaitu santri menganggap itu hal yang wajar dilakukan oleh mereka karena mereka remaja, dan kenakalan mereka hanya sebagai bentuk pemberontakan dan juga hanya sebagai dorongan untuk menghilangkan kejenuhan saat berada di pondok pesantren. Selain itu, alasan santri tersebut menjadi nakal padahal berada di lingkungan pondok pesantren, yaitu dikarenakan para santri merasa terkekang dengan peraturan yang ada dan mereka melampiaskannya dengan berperilaku nakal. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan bentuk-bentuk kenakalan remaja di pondok pesantren, antara lain kabur dari pondok, berkelahi dengan teman, merokok, terlambat kembali ke pondok ketika hari sambangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. S. 26/11 Ami k (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: ADOLESCENT ABUSED ; ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL1108.2-1108.7 Religious Education
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM811-821 Deviant behavior. Social deviance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
AMINATUZZUHRIYAHUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 24 Nov 2011 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 00:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16872
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item