IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PERTAMINA UNIT PEMASARAN V SURABAYA DALAM UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN

DIMAZ HENDRA WIDIGDYA, 070710060 (2011) IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PERTAMINA UNIT PEMASARAN V SURABAYA DALAM UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-widigdyadi-21262-fiss61-k.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-widigdyadi-17865-fiss61-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemiskinan sebagai masalah sosial telah menjadi problematika besar yang dihadapi oleh bangsa kita. Masalah kemiskinan bukan hanya tugas negara saja, tetapi juga menjadi tugas pihak-pihak yang mampu membantu persoalan ini, salah satunya perusahaan. Wujud tanggung jawab perusahaan adalah melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai sebuah komitmen dunia bisnis untuk merealisasikan salah satu target dalam Millennium Development Goals (MDG‟s) yakni pengurangan angka kemiskinan. Peran dunia usaha dalam pengentasan kemiskinan dapat diwujudkan melalui program CSR mereka. Melalui program CSR, perusahaan sangat berpotensi membantu negara untuk mengurangi angka kemiskinan. Jika dana tersebut dapat dikelola dengan baik, akan sangat efektif untuk mengatasi masalah kemiskinan yang terjadi di negara kita. Menurut David C.Korten (1984) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat diperlukan adanya kebijakan yang mendasar yang benar-benar mendahulukan dan berdimensi kerakyatan. Asumsi dasar pembangunan yang berpusat pada rakyat menginginkan alternatif paradigma pembangunan yang tidak berorientasi pada produksi dan kebutuhan dasar semata melainkan berorientasi pada potensi manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina (Persero) Unit Pemasaran V dalam upaya pengentasan kemiskinan pada wilayah Ring I, Kelurahan Jagir-Surabaya. Pengentasan kemiskinan ini dilihat dari aspek peningkatan perekonomian, kesehatan, pendidikan dan sosial serta keberhasilannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan untuk menjawab masalah yang ada yaitu menggunakan tipe penelitian deskriptif, dengan cara penarikan sampel melalui Simple Random Sampling. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa implementasi CSR PT. Pertamina (Persero) Unit Pemasaran V kurang mampu memberikan manfaat dan dampak positif kepada masyarakat miskin, terkait pada aspek perekonomian, kesehatan, pendidikan dan sosial keluarga miskin. Ketiadaan program CSR Pertamina Surabaya yang berkonsep community development menyebabkan tidak adanya keberlanjutan (suistanable) dari program yang diadakan, sehingga bantuan hanya bersifat partial dan tidak berhasil meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis.S.61/11 Wid i
Uncontrolled Keywords: POVERTY ; CORPORATE SOCIAL
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7340-7512 Commercial law > K7485-7495 Business associations. Business corporations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
DIMAZ HENDRA WIDIGDYA, 070710060UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutinah, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 30 Nov 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 08:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16900
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item