GAYA HIDUP PENONTON SINETRON SCTV DI SURABAYA

KARTIKA IKAWATI ACHMAD, 070610200 (2010) GAYA HIDUP PENONTON SINETRON SCTV DI SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FullText)
gdlhub-gdl-s1-2010-achmadkart-14101-fis.k.11-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-achmadkart-16753-abstrak-0.pdf

Download (635kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tentang gaya hidup penonton sinetron SCTV di Surabaya. Dasar dari penelitian bermula dari adanya fenomena banyaknya sinetron yang ditayangkan di televisi swasta, Sinetron-sinetron tersebut memiliki rating tinggi. Rating yaPenelitian ini adalah penelitian tentang gaya hidup penonton sinetron SCTV di Surabaya. Dasar dari penelitian bermula dari adanya fenomena banyaknya sinetron yang ditayangkan di televisi swasta, Sinetron-sinetron tersebut memiliki rating tinggi. Rating yang peringkatnya tinggi merupakan indikator banyaknya penonton yang menyaksikan sinetron tersebut. Namun sinetron yang disukai penonton tak hanya dipengaruhi oleh rating tinggi, tapi juga tema yang diangkat. Makin kuat konsep cerita yang diambil dari kehidupan sehari-hari, makin banyak penonton yang akan menonton sinetron tersebut. Salah satu cara untuk memahami khalayak suatu media adalah dengan memahami gaya hidup mereka. Dengan gaya hidup maka media akan mengerti bagaimana mereka dapat menyajikan hal-hal yang dapat diterima oleh masyarakat. Untuk itulah penelitian ini akan meneliti tentang gaya hidup penonton sinetron, terutama sinetron yang ditayangkan di SCTV yaitu Mawar Melati, Cinta Fitri Season 5 dan Kesetiaan Cinta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang bertujuan menggambarkan gaya hidup penonton sinetron. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen penelitian. Sedangkan untuk melakukan pengukuran gaya hidup, peneliti menggunakan metode VALS 2. Populasi penelitian ini adalah penonton sinetron yang ditayangkan di SCTV yaitu Mawar Melati, Cinta Fitri Season 5 dan atau Kesetiaan Cinta yang berdomisili di Surabaya Jumlah sampel dalam penelitian ini 100 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan bahwa sampel terpilih telah memenuhi beberapa kriteria karakteristik. Dari hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa mayoritas penonton sinetron SCTV di Surabaya adalah perempuan, dengan rentang usia 26-30 tahun dan telah menikah. Pendidikan terakhir S1, bekerja sebagai pegawai swasta, dengan penghasilan per bulannya berkisar antara Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000. Responden mempunyai karakteristik VALS Striver, Believer dan Experiencer.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.116/10 Ach g
Uncontrolled Keywords: LIFE STYLE; TELEVISION - CINEMA
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1176-1281 Social influence. Social pressure
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
KARTIKA IKAWATI ACHMAD, 070610200UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Puji Rahayu, Dra,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 2015 12:00
Last Modified: 30 Oct 2016 03:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17001
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item