Farida Retnowulan, 070610264 (2010) REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIK IKLAN LIFEBUOY MEN BODYWASH VERSI SUPERDAD). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-retnowulan-16758-abstrak-0.pdf Download (630kB) | Preview |
|
Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-retnowulan-14103-fis.k.11-0.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penyebaran konsep maskulinitas dalam masyarakat sosial tidak terlepas dari keberadaan media sebagai alat penyebar informasi dan komunikasi yang menampilkan stereotipe – stereotipe gender di dalamnya, tak terkecuali dalam iklan. Karenanya peneliti ingin melihat bagaimana maskulinitas direpresentasikan dalam iklan Lifebuoy Men Bodywash versi Superdad, yang merupakan iklan dari produk untuk laki-laki, tetapi tokoh utama laki-laki di dalamnya ditampilkan bersama anak kecil. Penelitian ini melakukan analisis data dengan cara membagi teks (dalam hal ini iklan), ke dalam tiga tingkat analisis oleh John Fiske. Masing-masing atribut yang melekat pada iklan Lifebuoy Men Bodywash versi Superdad kemudian dianalisis dan diinterpretasi satu per satu dengan di dasarkan pada data-data yang telah di dapat tentang nilai-nilai maskulinitas. Representasi maskulinitas yang ada dalam iklan Lifebuoy Men Bodywash versi Superdad menunjukkan adanya pergeseran nilai-nilai maskulinitas di masyarakat. Namun konsep maskulinitas lama / tradisional juga masih ada, menunjukkan masih kuatnya konsep lama ini di masyarakat. Konsep maskulinitas baru belum sepenuhnya menjadi sebuah wacana yang dikembangkan kepada publik. Padahal wacana konsep “Superdad” sendiri sebenarnya masih dapat lebih dikembangkan lagi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.K.117/10 Ret r | ||||||
Uncontrolled Keywords: | ADVERTISING; MEN | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nurma Harumiaty | ||||||
Date Deposited: | 02 Jul 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 30 Oct 2016 03:06 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17003 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |