ANINDYA RIZKI PRADIPTA, 070517656 (2011) PENERAPAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PT. SMART TELECOM DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PRODUK SMART. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-pradiptaan-16765-abstrak-0.pdf Download (634kB) | Preview |
|
Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2011-pradiptaan-14111-fis.k.12-0.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
pemasaran terpadu suatu perusahaan dalam membangun brand image produk. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi penerapan bentuk kegiatan komunikasi pemasaran terpadu yang berlangsung dalam suatu perusahaan baik perusahaan berskala kecil maupun perusahaan multi-nasional dalam usahanya menanamkan sebuah merek produk pada benak konsumen maupun calon konsumennya. Fokus pada penelitian ini terletak pada konsep 4P yang terakhir yaitu promosi atau komunikasi pemasaran. Kegiatan komunikasi pemasaran bermanfaat untuk menginformasikan atau mengkomunikasikan produk yang dimiliki oleh perusahaan. Komunikasi pemasaran yang dilakukan secara terintegritas menjadi faktor yang sangat penting dalam pembangunan brand image, karena operasionalisasi komunikasi pemasaran berdasarkan pada tujuan marketing communications mix adalah untuk seluruh kepentingan yang ada. Peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana penerapan komunikasi pemasaran dalam membangun brand image sebuah produk. Tinjauan pustaka yang dipergunakan dalam penelitian ini diantaranya Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Perencanaanya, Marketing Communications Mix, dan juga Brand Image. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian case study dan tipe penelitian deskriptif. Sasaran dalam penelitian ini adalah Regional Head of East Java Nusra, Regional Manager of Marketing dan juga Staff HRD PT.Smart Telecom. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara mendalam (Indepth Interview) dan juga observasi sehingga unit analisis yang diperoleh yaitu berupa narasi-narasi dari hasil wawancara yang diperoleh dari informan maupun observasi yang dilakukan. Hasil dari analisis dan temuan data memperlihatkan bahwa dalam melakukan kegiatan pemasarannya, PT Smart Telecom telah menggunakan berbagai bentuk komunikasi pemasaran dan melihatnya sebagai suatu kesatuan yang penting untuk dilaksanakan, yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Brand Image yang dibangun PT Smart telecom difokuskan pada layanan mobile broadband. Sedangkan untuk Penerapan komunikasi pemasaran terpadu dalam membangun brand image produk Smart, perusahaan berusaha menampilkannya melalui isi/konten pesan yang ingin disampaikan kepada target audience-nya melalui media advertising TV commercial dalam sehari perusahaan menayangkan TV commesrcial tersebut selama 4-6 kali setiap minggunya. Penerapan bentuk komunkasi seperti Direct Marketing dilakukan setiap hari dengan menerjunkan Sales Assistant pada perusahaan atau instansi yang menjadi target audience perusahaan, untuk Personal Selling dan Sales promotion dalam booth penjulan yang diletakkan di pusat perbelanjaan dilakukan setiap hari selama massa yang telah ditentukan perusahaan dalam usahanya untuk menarik konsumen maupun calon konsumennya. Sedangkan untuk Interactive/Online Marketing dilakukan melalui website perusahaan dengan tujuan untuk membentuk customer relationship management.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.K.121/10 Pra p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | COMMUNICATION - BRAND IMAGE, CELLULAR PHONE | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Kebijakan Publik | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nurma Harumiaty | ||||||
Date Deposited: | 03 Jul 1905 12:00 | ||||||
Last Modified: | 30 Oct 2016 03:10 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17006 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |