Khoirul Anwar, 070417307 (2009) XENOGEARS; DISKURSUS DAN MIMIKRI HASRAT Praktik Psikoanalisa Lacan dalam membedah diskursus pada game Xenogears. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-fafidaazif-17004-abstrak-0.pdf Download (617kB) | Preview |
|
Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2011-fafidaazif-14260-fis.s.56-0.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Sebuah permainan video komputer atau yang sekarang akrab disebut game, sebagaimana juga bentuk teks lainnya game juga merupakan salah satu sarana propaganda yang disinyalir membawa diskursus tertentu, praduga awal menyebutkan jika game Xenogears membawa gejala nihilisme. Suatu diskursus mempengaruhi subyek pembacanya melalui hasrat dan mimikri, peniruan yang dengan suatu modus interpelasi tertentu. Berangkat dari kecurigaan dan pengaruh perubahan sosial akibat diskursus tersebut maka penulis melakukan penelitan guna mengetahui diskursus apa yang sebenarnya dituturkan dalam Xenogears? Hasrat apa yang coba dibangkitkan? Penanda utama apa yang ditawarkan dalam diskursus tersebut? Penelitian ini menggunakan Psikoanalisa Lacan, melakukan analisa dengan melihat bagaimana hasrat melakukan interpelasi dan mengintervensi hasrat pembaca lewat Penanda Utama. Metode empat diskursus dapat melihat cara kerja diskursus baik, mendidik, mengatur, menghasrati ataupun merevolusikan hasrat. Dalam penelitian ini kemudian ditemukan jika diskursus Xenogears merupakan Diskursus Sang Penguasa karena cara kerjanya yang mengatur subyek pembaca, lewat “Penanda Utama Ketuhanan” yang diejawantahkan. Translation: A computer video play or well known as game, like another kind of text is one of propaganda instrument accused to carry a specific discourse, earlier prejudice told that Nihilism symptom belief to be involve with game Xenogears. Discourse had effect in subject reader through desire and mimicry, Replication which had mode of interpelation. This research began suspiciously on the possibilty effect and social change that may occur, the writer investigated what actually Xenogears want to say? What desire is to be risen up? What kind of Master Signifier propossed on the discourse? This research using Lacan’s Pychoanalyse, analyze by look to how desire interpelated and intervered reader’s desire whether it been educating, controling, desiring, or revoluting. the research found that Xenogears discourse is a Master’s Discourse because it worked to control with “God Master’s Signifier”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.S.57/10 Anw x | ||||||
Uncontrolled Keywords: | GAME; PSYCHOANALYSIS | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nurma Harumiaty | ||||||
Date Deposited: | 03 Jul 1905 12:00 | ||||||
Last Modified: | 30 Oct 2016 19:52 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17027 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |