STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK WANITA SINGLE PARENT DENGAN ANAK REMAJANYA

ISKA NINGRUM RISTANTI, 070517674 (2010) STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK WANITA SINGLE PARENT DENGAN ANAK REMAJANYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-ristantiis-14342-fis.k.98-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-ristantiis-17112-abstrak-0.pdf

Download (557kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang adanya konflik yang terjadi antara wanita single parent dengan anak remajanya. Ketika konflik tersebut terjadi para wanita single parent dihadapkan pada pilihan-pilihan strategi manajemen konflik yang diambil untuk menyelesaikan konflik tersebut. Fenomena tersebut kemudian dirumuskan sebagai masalah penelitian yaitu strategi manajemen konflik yang dilakukan wanita single parent ketika menghadapi suatu konflik dengan anak remajanya. Sebagai pengaya interpretasi peneliti menggunakan tinjauan pustaka yang terkait dengan wanita single parent, konflik, strategi manajemen konflik untuk mengetahui strategi yang digunakan. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sasaran penelitiaan ini adalah wanita single parent di Surabaya yang pernah terlibat konflik dengan anak remajanya usia 13-14 tahun. Sedangkan untuk menganalisis strategi manajemen konflik peneliti mengubah transkrip yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam menjadi bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan Setiap wanita single parent dengan latar belakang berbeda ternyata juga mempunyai strategi yang berbeda dalam menyelesaikan konflik dengan anak remajanya. Pemilihan strategi manajemen konflik yang mana yang akan dipilih dipengaruhi oleh tipe keluarganya dan latar belakang menjadi seorang single parent. Wanita single parent dengan latar belakang kematian pasangan hidup dan tipe keluarga pluralistic memilih menggunakan strategi manajemen konflik face-dectracting saat menyelesaikan konflik dengan anaknya. Sedangkan wanita single parent dengan latar belakang perceraian dan tipe keluarga consensual lebih cenderung menggunakan strategi manajemen konflik yang produktif yakni argumentativeness. Wanita single parent karena proses adopsi dengan tipe keluarga protective menggunakan salah satu strategi manajemen konflik yang produktif yakni talk. Wanita single parent karena kehamilan di luar pernikahan dengan tipe keluarga consensual memilih menggunakan strategi win-win solution.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.98/10 Ris s
Uncontrolled Keywords: CONFLICT IN WOMEN
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ISKA NINGRUM RISTANTI, 070517674UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Moerdijati, DraUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 2015 12:00
Last Modified: 30 Oct 2016 23:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17035
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item