HUMAS PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TIMUR (Studi Deskriptif Peran Bidang Komunikasi dan Bina Lingkungan serta Corporate Speaker PT PLN Persero Distribusi Jawa Timur)

Dinda Alita Widiariputri, 070610278 (2010) HUMAS PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TIMUR (Studi Deskriptif Peran Bidang Komunikasi dan Bina Lingkungan serta Corporate Speaker PT PLN Persero Distribusi Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-widiariput-18140-abstrak-0.pdf

Download (736kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-widiariput-15070-fis.k.61-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang bagaimana peran humas pada salah satu perusahaan BUMN, yaitu PLN Distribusi Jawa Timur. PLN adalah perusahaan negara penyedia listrik satu-satunya di Indonesia yang memenuhi kebutuhan listrik masyarakat. Untuk itu, dalam menyampaikan kebijakan organisasi demi tercapainya kepuasan pelanggan dan terjaganya reputasi perusahaan, PLN Distribusi Jawa Timur mendelegasikan tugas kehumasan tidak hanya kepada Humas PLN Disjatim, yaitu Bidang Komunikasi dan Bina Lingkungan saja, akan tetapi juga menunjuk seorang Corporate Speaker. Peneliti tertarik untuk meneliti topik bahasan mengenai public relations atau hubungan masyarakat karena saat ini kebutuhan humas di tiap organisasi berbeda sesuai dengan tujuan organisasi. Peneliti ingin mengetahui bagaimana peran Humas dan Corporate Speaker dalam menghadapi publik internal dan eksternal organisasi. Tinjauan pustaka yang digunakan adalah hubungan masyarakat, peran dan fungsi humas serta komunikasi korporasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode wawancara dan pengamatan partisipan. Peneliti terlibat dalam beberapa acara sosialisasi yang diadakan PLN Distribusi Jawa Timur selama kegiatan magang dan sesudahnya ketika melakukan penelitian lanjutan. Peneliti menganalasis data yang terdiri dari informasi berdasarkan narasi hasil wawancara, dokumen perusahaan dokumentasi, kliping berita, serta pengamatan langsung selama magang di PLN Distribusi Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan peran Humas PLN Disjatim yaitu Bidang Komunikasi dan Bina Lingkungan adalah sebagai pengelola komunikasi internal dan eksternal serta pusat layanan informasi. Sebenarnya Humas PLN Disjatim juga berperan sebagai Juru Bicara perusahaan, namun hanya apabila Corporate Speaker, Manajer Bidang Komunikasi, Hukum dan Administrasi serta General Manager tidak ada di tempat. Padahal, berdasarkan Pedoman Komunikasi Perusahaan, Humas juga memiliki peran dan wewenang sebagai juru bicara perusahaan. Dalam menghadapi publik internal, Bidang Komunikasi dan Bina Lingkungan yang merupakan Humas PLN Disjatim lebih berwenang karena memiliki legalitas. Sementara dalam menghadapi publik eksternal lebih lebih banyak sebagai “tukang masak” materi dan informasi atau sebagai event organizer dari tiap acara sosialisasi kepada publik yang diadakan organisasi. Corporate Speaker tidak memiliki legalitas untuk merancang dan menyelenggarakan acara maupun melakukan tugas kehumasan, tapi hanya dialah yang setingkat manajer bidang, memiliki legalitas untuk berbicara mewakili organisasi mengenai permasalahan organisasi yang telah mencapai taraf masalah kelistrikan provinsi Jawa Timur dan solusinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 61/10 Wid h
Uncontrolled Keywords: PUBLIC RELATION; COMMUNICATION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Dinda Alita Widiariputri, 070610278UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYan Yan Cahyana, Drs. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 2015 12:00
Last Modified: 02 Nov 2016 16:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17071
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item