PUTRI MADHU N, AGUS
(2010)
TRANSFORMASI SIMBOL KOMUNIKASI (STUDI PADA SEBUAH KELUARGA DI SURABAYA YANG MEMILIKI ANAK AUTIS).
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Autisme adalah sebuah penyakit kelainan perkembangan yang ditandai dengan gangguan: ketidakmampuan melakukan interaksi sosial, ketidakmampuan komunikasi verbal, non verbal dan aktivitas berimajinasi, dan ditandai dengan terbatasnya minat dan aktivitas stereotipik. Kekurangan orang autis dalam berbahasa: tidak dapat memahami dengan baik tentang apa yang mereka dan orang lain ucapkan, dan mereka seringkali berbicara bukan untuk tujuan komunikasi dua arah, sehingga tidak terjadi kesamaan makna sebagai tujuan utama komunikasi. Dengan kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh anak-anak autis maka penelitian ini melihat bagaimana proses transformasi simbol yang dilakukan oleh orang tua kepada anak dalam proses komunikasi dan interaksi sosial. Sehingga anak mengerti akan sebuah makna yang terdapat di dalam sebuah benda atau tindakan yang mengakibatkan terjadinya komunikasi dan interaksi dua arah. Teori yang digunakan adalah teori stranger dan interaksionisme simbolik untuk membantu menjelaskan hasil penelitian. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengambilan data yang digunakan melalui observasi dan wawancara, karena teknik tersebut memungkinkan untuk menggali bagaimana makna, simbol, perilaku dan interaksi berlangsung diantara subyek dan obyek penelitian. Penelitian ini dilakukan pada sebuah keluarga di Surabaya yang memiliki seorang anak autis, dimana keluarga tersebut memiliki latar belakang pendidikan tinggi. Penelitian ini menemukan bahwa dalam proses transformasi simbol yang dilakukan oleh orang tua dan keluarga adalah dengan cara komunikasi secara verbal yang diikuti dengan non verbal untuk memperjelas maksud dari komunikasi tersebut yaitu secara Affect display dan komunikasi sentuhan.
Actions (login required)
|
View Item |