DANNI WAHYU GIONO, 070610315 (2010) MAKNA ONLINE GAMES (Tinjauan Interaksionisme Simbolik dan Bentuk Interaksi Sosial Pada Komunitas Gamer di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-gionodanni-18712-abstrak-0.pdf Download (729kB) | Preview |
|
Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-gionodanni-15469-fis.s.87-0.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Gamer adalah sebutan bagi penggemar game yang identik dengan pengaruh-pengaruh negative akibat dari hobinya bermain game. Perilaku negative tersebut diantaranya seperti membolos kuliah atau sekolah agar dapat bermain game, mengambil uang orang tua untuk digunakan bermain game, meninggalkan aktifitas belajarnya dan berkurangnya interaksi sosial dengan keluarga atau teman karena. Akan tetapi fenomena perkembangan online games tersebut ternyata juga mempunyai dampak positif. Salah satu dampak positif dari perkembangan online games adalah terciptanya komunitas gamer. Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk-bentuk interaksi yang dilakukan gamer, dan bagaimana para gamer dalam memaknai permainan online games. Dalam penelitian ini digunakan dua teori yakni, teori interaksionisme simbolik Herbert Blumer dan teori kelompok sosial. Dalam penelitian ini menggunakan metode snow ball artinya cara pengambilan subyek penelitian secara bertahap. Pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi sosial gamer terdiri dari interaksi di dunia maya, di dalam game center dan di interaksi ketika ada pertemuan ‘gathering’. Sedangkan makna yang diberikan oleh gamer terhadap permainan online games terdapat dua jenis, yaitu makna adjektif yaitu makna yang sesuai dengan terminology dan fungsi awal dari online games bahwa online games merupakan simbol hiburan dan escapisme (pelarian) dan makna obyektif yaitu makna yang lebih mendalam dan berkembang pada kelompok gamer, bahwa online games merupakan simbol berperestasi, kompetisi, kebanggaan dan persaudaraan. Simbol permainan online games kemudian dimaknai, dipahami dan diabstraksikan mejadi landasan, pijakan atau alasan gamer dalam bertindak atau berperilaku yang berkaitan dengan aktifitasnya bermain online games.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KK KKB Fis S 87/10 Gio m | ||||||
Uncontrolled Keywords: | GAMES: SOCIAL INTERACTION | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology T Technology > T Technology (General) > T173.2-174.5 Technological change |
||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nurma Harumiaty | ||||||
Date Deposited: | 02 Jul 1905 12:00 | ||||||
Last Modified: | 02 Nov 2016 22:53 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17128 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |