PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFIS TERHADAP KEBERLANGSUNGAN KONFLIK ISRAEL-PALESTINA

Lestari, Sri, NIM. 070417177 (2009) PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFIS TERHADAP KEBERLANGSUNGAN KONFLIK ISRAEL-PALESTINA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK KKB KK Fis HI 16_09 Les p.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK Fis HI 16_09 Les p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Konflik Israel-Palestina merupakan konflik yang bermula dari usaha Israel untuk menuntut national homeland di atas tanah Palestina. Sulitnya penyelesaian konflik ini secara mendasar disebabkan tidak terdapatnya titik temu dalam sikap masing-masing pihak yang bertikai, yaitu Arab Palestina dan Zionis Israel. Arab Palestina kukuh tidak akan merelakan wilayahnya dikuasai Israel, dan Israel bersikeras untuk sementara tidak akan mengubah batas wilayahnya seperti saat ditinggalkan Inggris pada tahun 1948. Konflik ini akhirnya meluas tidak hanya melibatkan Israel dan Palestina saja, tetapi juga turut mempengaruhi kawasan Timur Tengah, bahkan dunia. Semakin meluasnya gerakan anti-Yahudi di negara-negara lain yang melakukan pembantaian terhadap warga Yahudi semakin meningkatkan arus imigrasi Yahudi ke Palestina sehingga menjadikan Yahudi mayoritas di tanah Palestina. Semenjak awal abad kesembilan belas, perpindahan orang Yahudi yang diorganisir oleh Zionis telah dengan mantap mengubah keadaan demografi Palestina dan telah menjadi sebab terpenting berkepanjangannya pertentangan. Rakyat Palestina sudah tidak mampu mengalahkan Israel dari segi militer sehingga untuk saat ini rakyat Palestina hanya mengandalkan persenjataan demografi yang diharapkan mampu untuk memenangkan pertarungan dengan Israel berikutnya. Faktor demografis memainkan peranan penting dalam konflik Israel-Palestina. Pertumbuhan populasi dan imigrasi non-Yahudi dianggap sebagai ancaman terhadap mayoritas demografi Yahudi dan juga bagi keamanan Israel. Pertumbuhan penduduk Palestina yang pesat akan mendukung permintaan teritorial Palestina yang mengancam eksistensi Yahudi. Tidak dapat diragukan lagi bahwa perubahan dalam jumlah maupun komposisi akan memberikan pengaruh sosial, ekonomis, politis maupun lainnya terhadap penduduk yang tinggal di suatu negara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis HI 16/09 Les p
Uncontrolled Keywords: YURIDICTION TERRITORIAL; CONFLIC
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ6385-6405 The armed conflict. War and order
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Lestari, Sri, NIM. 070417177UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Sulistyo, Drs., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 16 Jun 2009 12:00
Last Modified: 19 Aug 2016 07:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17164
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item