FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAYANAN OPAC DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA

Lusi Dian Wahyudiani, 070610109 (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAYANAN OPAC DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-wahyudiani-14879-iip90-1-k.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-wahyudiani-12422-iip90-10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Online Publik Access Catalogue (OPAC) merupakan sistem temu balik informasi yang paling mengedepan saat ini dengan pengaplikasian teknologi telematika, yang ditujukan untuk memberikan pelayanan optimal kepada pengguna perpustakaan. Perpustakaan UNAIR merupakan perpustakaan yang telah menyediakan layanan OPAC. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas layanan OPAC di perpustakaan Universitas Airlangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan metode survai. Adapun populasinya adalah sivitas akademika UNAIR yang memanfaatkan layanan OPAC di Perpustakaan UNAIR. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sebanyak 100 responden diteliti melalui kuesioner dengan kriteria pemakaian OPAC >10 kali. Berdasarkan hasil regresi diketahui adanya pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen. Nilai analisa korelasi ganda (R) diketahui makin kuat korelasi/hubungan antar variabel variabel yang ada. Dengan uji simultan didapatkan adanya pengaruh yang signifikan antara variable independen terhadap variabel dependen dan hal tersebut terbukti. Sedangkan pada uji parsial ditemukan adanya pengaruh yang signifikan pada masing-masing variabel terhadap kualitas layanan OPAC yang terbukti faktor-faktor pada variabel assurance dan tangibles, sedangkan faktor-faktor pada variabel reliability, responsiveness, dan empathy terbukti tidak signifikan. Sedangkan hipotesis yang menyatakan faktor-faktor dari variabel reliability berpengaruh paling dominan terhadap kualitas layanan OPAC tidak terbukti. Kata Kunci : kualitas layanan, OPAC, layanan perpustakaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP 90/10 Wah f
Uncontrolled Keywords: QUALITY SERVICES, LIBRARIES SERVICES
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Lusi Dian Wahyudiani, 070610109UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYunus Abdul Halim,, S.Si., M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 18 Feb 2011 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 05:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17178
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item