KELOMPOK KEPENTINGAN DAN KEBIJAKAN PENERBITAN PKL (STUDI KASUS RESISTENSI SERIKAT PEDAGANG KAKI LIMA BUBUTAN TERHADAP KEBIJAKAN PENERBITAN PKL BUKU DI JALAN SEMARANG)

Hendraven Desito Manihuruk, 070517765 (2009) KELOMPOK KEPENTINGAN DAN KEBIJAKAN PENERBITAN PKL (STUDI KASUS RESISTENSI SERIKAT PEDAGANG KAKI LIMA BUBUTAN TERHADAP KEBIJAKAN PENERBITAN PKL BUKU DI JALAN SEMARANG). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-manihurukh-15242-fisan3-k.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-manihurukh-12688-fisan3-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Yang menjadi permasalahan dalam peneiltian ini ialah bagaimana peran Serikat Pedagang Kaki Lima Bubutan dalam menghadapi kebijakan penertiban PKL di jalan Semarang yang dilakukan oleh pemkot Surabaya dan apa implikasi dari resistensi yang dilakukan oleh serikat pedagang kaki lima Bubutan terhadap kebijakan peneretiban PKL buku di jalan Semarang. Yang melatar belakangi penelitian ini ialah selama tahun 2008 lalu pemkot telah melakukan penertiban di beberapa lokasi PKL di Surabaya. Penertiban tersebut tidak memberikan suatu solusi yang tepat atas permasalahan PKL di Surabaya. Ketika pemkot hendak menertibkan PKL buku di jalan Semarang, mereka mendapat perlawanan dari para PKL buku karena penertiban yang dilakukan pemkot tidak disertai dengan solusi yang tepat. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti memakai metode penelitian kualitatif dengan strategi studi kasus yang menekankan pada multievidence dari hasil wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumen yang relevan. Analisa data dilakukan dengan pengkategorian dan pengkombinasiaan bukti dan menetapkan serangkaian keterkaitan timbal-balik mengenai fenomena tersebut. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini ialah Serikat Pedagang Kaki Lima Bubutan cukup berperan dalam menghadapi kebijakan penertiban PKL buku di jalan Semarang. Sebagai kelompok kepentingan, mereka memperjuangkan kepentingan anggotanya agar mendapat tempat relokasi. Resistensi yang dilakukan Serikat Pedagang Kaki Lima Bubutan juga berdampak pada kebijakan yang diambil oleh pemkot. Akibat dari resistensi itu, waktu penertiban menjadi molor dan PKL buku jalan Semarang mendapat tempat relokasi, yang lokasinya tidak terlalu jauh dari lokasi berjualan yang lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN 33/10 Man k
Uncontrolled Keywords: SOCIAL AND PUBLIC WELFARE
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1700-1973 Social legislation > K1960-1973 Public welfare. Public assistance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Hendraven Desito Manihuruk, 070517765UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBintoro Wardiyanto, Drs., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 25 Feb 2011 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 03:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17209
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item