IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PENGEMBANG EKONOMI LOKAL PLUS (P3EL PLUS) (Studi deskriptif tentang faktor-faktor determinan yang mendukung keberhasilan implementasi program pemberdayaan perempuan pengembang ekonomi lokal plus (P3EL plus) di Kelurahan Tambakrejo Kecamatan Simokerto Kota Surabaya)

Riska Widya Winarti, 070517819 (2009) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PENGEMBANG EKONOMI LOKAL PLUS (P3EL PLUS) (Studi deskriptif tentang faktor-faktor determinan yang mendukung keberhasilan implementasi program pemberdayaan perempuan pengembang ekonomi lokal plus (P3EL plus) di Kelurahan Tambakrejo Kecamatan Simokerto Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-winartiris-15248-fisan3-k.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-winartiris-12697-fisan3-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini factor-faktor determinan apa yang mendukung keberhasilan implementasi program pemberdayaan perempuan pengembang ekonomi lokal plus (P3EL Plus) di Kelurahan Tambakrejo. Untuk menjawab permasalahan penelitian, digunakan motode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Selain itu, pengumpulan data juga menggunakan teknik observasi serta dokumentasi. Teknik penentuan informan, secara purposive yang selanjutnya berkembang dengan teknik snowball. Proses analisis data dilakukan dengan mengelompokkan serta mengkombinasikan data yang diperoleh. Sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Berdasarkan hasil temuan data di lapangan menunjukkan bahwa factor-faktor determinan yang mendukung keberhasilan implementasi program P3EL Plus, diantaranya adalah dari faktor sumber daya adalah Kecukupan jumlah staf pelaksana dari pengusaha mitra kerja, Kemampuan teknis dan manajerial yang baik dari staf pelaksana, Kecukupan anggaran yang dialokasikan untuk pelaksanaan pelatihan sulampita, Kecukupan fasilitas yang ada untuk mendukung terlaksananya pelatihan sulampita. Dari faktor komunikasi dintaranya Adanya proses pemberian petunjuk yang intensif oleh Bapemas dan KB mengenai arah pelaksanaan program, Adanya proses pemberian petunjuk yang intensif oleh PLKB kepada kelompok saran, Adanya proses pemberian informasi yang jelas dan konsisten mengenai arah pelaksanaan program. Dari faktor disposisi pelaksana diantaranya Adanya pemahaman dan pengetahuan yang baik dari PLKB dan pengusaha mitra kerja mengenai tujuan program P3EL Plus, Adanya respon positif dari PLKB dan pengusaha mitra kerja terhadap program P3EL Plus, Adanya sikap yang solutif dari PLKB untuk mengatasi hambatan yang ada. Dari faktor struktur birokrasi diantaranya Adanya standard operating procedure (SOP) yang sederhana dan flexible serta Adanya pembagian kerja dan spesialisasi yang jelas antar pelaksana. Yang terakhir dari faktor dukungan kelompok sasaran diantaranya adanya partisipasi yang tinggi dari kelompok sasaran dalam mengikuti setiap tahapan program serta adanya respon positif dari kelompok sasaran karena adanya manfaat langsung yang diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN 34/10 Win i
Uncontrolled Keywords: WOMEN - SOCIAL CONDITION
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1101-2030.7 Women. Feminism
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Riska Widya Winarti, 070517819UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEko Supeno, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 25 Feb 2011 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 04:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17210
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item