Ismaya Indra Praja, 070417262 (2009) Studi Korelasi Pengaruh Tingkat Kualitas Informasi, Tingkat Kualitas Sistem Teknologi Informasi, dan Tingkat Kepuasan Pemakai Sistem Teknologi Informasi Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan di Badan Perijinan Terpadu Kabupaten Sragen. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-prajaismay-15578-fisan3-k.pdf Download (553kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-prajaismay-12938-fisan3-s.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan utama pelayanan publik yang sering menjadi pembahasan adalah berupa lambannya penanganan kebutuhan pelanggan. Rendahnya kualitas pelayanan telah menyebabkan pandangan negatif serta rasa tidak percaya dari masyarakat terhadap kinerja aparat publik. Masalah mengenai kualitas pelayanan semacam ini telah diupayakan oleh pemerintah untuk diperbaiki. Salah satu metode yang digunakan untuk menghadapi persoalan tersebut adalah dengan mengimplementasikan sistem teknologi informasi dalam tubuh birokrasi pelayanan publik. Pemanfaatan sistem teknologi informasi dalam tubuh birokrasi ini dinamakan dengan E-Government. Berbagai macam manfaat sistem teknologi informasi telah terbukti secara efektif dan efisien mampu meningkatkan kualitas kinerja pegawai dalam organisasi. Saat ini berbagai macam daerah tengah mengupayakan implementasi E-Government secara maksimal untuk menunjukan adanya perubahan tingkat kualitas pelayanan ke arah yang lebih positif. Sistem teknologi informasi memiliki berbagai macam komponen yang saling berkaitan dalam mempengaruhi tingkat kualitas pelayanan. Pada penelitian ini, variabel Tingkat Kualitas Informasi, Tingkat Kualitas Sistem Teknologi Informasi, dan Tingkat Kepuasan Pemakai Sistem Teknologi Informasi dipilih sebagai variabel bebas dalam kaitannya mempengaruhi Tingkat Kualitas Pelayanan. Penelitian ini bermaksud untuk mencari tahu bagaimana hubungan serta seberapa besar pengaruh antara ketiga varibel bebas tersebut terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan di Badan Perijinan Terpadu Kabupaten Sragen. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Badan Perijinan Terpadu Kabupaten Sragen yang semuanya dijadikan responden dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data utama. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa korelasi ganda serta teknik analisa regresi ganda karena teknik analisa ini akan menguji signifikansi korelasi dan regresi antara dua ubahan sebab prediktor (X) atau lebih dengan sebuah ubahan tautan atau kriterium (Y). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa variabel bebas Tingkat Kualitas Informasi (X1), Tingkat Kualitas Sistem Teknologi Informasi (X2), dan Tingkat Kepuasan Pemakai Sistem Teknologi Informasi (X3) memiliki hubungan yang positif, lurus, dan signifikan dengan Tingkat Kualitas Pelayanan (Y). Ketiga variabel bebas tersebut ternyata juga memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas tersebut bukan merupakan satu-satunya faktor yang mempengaruhi Tingkat Kualitas Pelayanan di Badan Perijinan Terpadu Kabupaten Sragen meskipun dewasa ini kantor tersebut telah banyak menuai prestasi melalui penerapan sistem teknologi informasi. Faktor lainnya yang ternyata juga masih memiliki proporsi cukup besar dalam menentukan tingkat kualitas pelayanan nampaknya harus diberikan perhatian yang lebih baik demi tercapainya kualitas pelayanan publik secara maksimal serta memuaskan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.AN 39/10 Pra s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS; CONSUMER SATISFACTION | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc. | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | shiefti dyah alyusi | ||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 07 Sep 2016 06:26 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17215 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |