“RESTRUKTURISASI ORGANISASI PEMERINTAH DAERAH JAWA TIMUR BERDASARKAN PP NOMOR 41 TAHUN 2007” (Studi Tentang Pengaruh Perubahan Struktur Organisasi Dan Kepemimpinan Terhadap Budaya Organisasi Pasca Dilakukan Penggabungan Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Dengan Dinas Kependudukan Provinsi Jawa Timur)

Nurwinda Juliani Harahap, 070610245 (2010) “RESTRUKTURISASI ORGANISASI PEMERINTAH DAERAH JAWA TIMUR BERDASARKAN PP NOMOR 41 TAHUN 2007” (Studi Tentang Pengaruh Perubahan Struktur Organisasi Dan Kepemimpinan Terhadap Budaya Organisasi Pasca Dilakukan Penggabungan Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Dengan Dinas Kependudukan Provinsi Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-harahapnur-16092-fisan5-k.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-harahapnur-13484-fisan5-r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Birokrasi bukan merupakan hal baru di Indonesia, karena sejak masa kerajaan dahulu sudah ada sistem yang mengatur penyelenggaraan pemerintahan. Budaya birokrasi yang cenderung dikenal sebagai sebuah sistem yang berbelit-belit, tidak transparan, lamban dalam memberikan pelayanan, dan seringkali dianggap sebagai lahan korupsi yang paling subur, membuat keberadaannya harus dikaji ulang dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu, reformasi birokrasi sudah tidak dapat dihindarkan lagi pelaksanaannya. Upaya untuk mereformasi birokrasi dapat dilakukan dengan merestrukturisasi organisasi, mengubah budaya kerja, memperjelas alur pelaksanaan pelayanan maupun sistem pembiayaan. Meskipun demikian, inti dari reformasi birokrasi adalah mengubah mind set dan cultural set dari para birokrat, dimana sebelumnya mereka berperan sebagai penguasa kemudian mereka diharuskan untuk menjadi pelayan masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan oleh perubahan struktur organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap budaya organisasi dari instansi yang mengalami penggabungan. Metode penelitian ini adalah eksplanasi dengan teknik pengambilan sampel secara kuota, sehingga setiap bidang dapat memberikan pendapatnya. Data diperoleh dari kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan struktur organisasi dan gaya kepemimpinan secara bersama-sama berpengaruh terhadap budaya organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 54/10 Har r
Uncontrolled Keywords: ORGANIZATION - RESTRUCTURING; LEADERSHIP
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Nurwinda Juliani Harahap, 070610245UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBintoro Wardiyanto, Drs., MSUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 14 Mar 2011 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 08:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17228
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item