INTERAKSI ANTARA PEMERINTAH, MASYARAKAT, SERTA SEKTOR SWASTA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MANDIRI (STUDI DESKRIPTIF TENTANG INTERAKSI ANTARA PEMERINTAH, MASYARAKAT, SERTA SEKTOR SWASTA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MANDIRI DI KELURAHAN JAMBANGAN, KECAMATAN JAMBANGAN KOTA SURABAYA)

Chikmatul Azmi Eka Laili Yana, 070517600 (2009) INTERAKSI ANTARA PEMERINTAH, MASYARAKAT, SERTA SEKTOR SWASTA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MANDIRI (STUDI DESKRIPTIF TENTANG INTERAKSI ANTARA PEMERINTAH, MASYARAKAT, SERTA SEKTOR SWASTA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MANDIRI DI KELURAHAN JAMBANGAN, KECAMATAN JAMBANGAN KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-yanachikma-16183-fisan5-k.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-yanachikma-13587-fisan5-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sampah diperkotaan sering menjadi masalah yang cukup besar, timbunan sampah yang dihasilkan terus bertambah seiring dengan pertumbuhan penduduk yang sangat pesat. Sebagian besar sampah dikota dibuang ke TPA (tempat pembuangan akhir). Namun pengelolaan di TPA yang sebagian besar dengan sistem open dumping (pembuangan sampah secara terbuka), justru sering menimbulkan masalah, mulai dari masalah kesehatan, pencemaran udara, air, tanah sampai masalah estetika. Dalam Permasalahan sampah ini tanggung jawab tidak hanya ditangan pemerintah saja, namun masalah ini merupakan masalah publik yang harus ditangani oleh stakeholders yang terkait. Peran swasta dan masyarakat sangat besar dalam penyelesaian masalah tersebut. Salah satu contoh adanya keterkaitan antara pemerintah, swasta dan masyarakat dalam penyelesaian masalah sampah ini adalah dengan adanya program penerapan konsep pengelolaan sampah mandiri di Kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan interaksi yang dilakukan oleh tiga komponen governance yaitu pemerintah, masyarakat dan sektor swasta dalam pengelolaan sampah di Kelurahan Jambangan, Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Untuk menjawab permasalahan di atas, digunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pemilihan informan dilakukan secara purposive. Data diperoleh melalui proses observasi dan wawancara, serta memanfaatkan sumber data dokumen dan penelusuran data online. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Analisis dan interpretasi data dilakukan melalui tiga alur kegiatan yaitu melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pengelolaan sampah mandiri yang dilakukan oleh tiga komponen governance yaitu pemerintah, masyarakat serta swasta secara umum sudah bisa dikatakan berjalan cukup baik. Tetapi bila diteliti lebih mendalam hal tersebut tidak terlihat seperti yang tampak dari luar. Hal ini dikarenakan masih kurang transparannya pihak swasta dalam memberikan informasi mengenai keuangan serta modal dari hasil CSR yang mereka dapat kepada publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 58/10 Yan i
Uncontrolled Keywords: WASTE MANAGEMENT; COMMUNICATION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7260-7780.8 Industrial hygiene. Industrial welfare
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Chikmatul Azmi Eka Laili Yana, 070517600UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErna Setijaningrum, S.I.P, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 14 Mar 2011 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 08:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17232
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item