STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN (Studi Deskriptif tentang Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSUD dr. Mohamad Soewandhie Surabaya)

Narulyta Ramadhany, 070610452 (2010) STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN (Studi Deskriptif tentang Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSUD dr. Mohamad Soewandhie Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-ramadhanyn-16196-fisan6-k.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17239.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit merupakan suatu institusi pelayanan kesehatan yang melakukan upaya kesehatan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif), dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif). Penelitian ini membahas tentang strategi meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD dr. Mohamad Soewandhie Surabaya dimana rumah sakit ini dahulunya adalah hanya merupakan sebuah puskesmas dengan nama Puskesmas Tambakrejo kecamatan Tambaksari dan sekarang berubah menjadi Rumah Sakit Daerah milik Kota Surabaya. Mendapatkan ISO 9001 : 2001 pada tahun 2008. Berdasarkan kenyataan tersebut, maka permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD dr. Mohamad Soewandhie tersebut. Untuk menjawab permasalahan ini, digunakan motode penelitian kualitatif dengan tipe peneltian deskriptif. Data-data diperoleh melalui proses observasi dan wawancara mendalam, serta memanfaatkan hasil dokumenter. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling, dan selanjutnya berkembang dengan menggunakan teknik snowball. Proses analisis data dilakukan dengan mengkategorikan dan mengkombinasikan data-data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data-data tersebut. Validasi data dilakukan melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Dari hasil data yang diperoleh di lapangan menunjukan bahwa strategi yang dilaksanakan oleh RSUD dr. Mohamad Soewandhie adalah dengan menggunakan Perspektif Balanced Scorecard. Namun strategi yang digunakan masih mengalami kekurangan sehingga peneliti memberikan renstra usulan sebagai penunjang strategi yang telah diterapkan. Dengan menggunakan strategi kualitas jasa/ layanan dan strategi mempertahankan kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 65/10 Ram s
Uncontrolled Keywords: HEALTH - PLANNING; CONSUMER SATISFACTION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Narulyta Ramadhany, 070610452UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGitadi Tegas S, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 14 Mar 2011 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 15:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17239
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item