Kerjasama Negara-negara Amerika Latin mementang neoliberalisme di kawasan Amerika Latin kasus Alba (Alternativa Bolivariana por Las America)

Dimas Putranto, 070517677 (2010) Kerjasama Negara-negara Amerika Latin mementang neoliberalisme di kawasan Amerika Latin kasus Alba (Alternativa Bolivariana por Las America). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-putrantodi-16226-fishi5-k.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-putrantodi-13627-fishi5-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Alba merupakan bentuk kerjasama regional di kawasan Amerika Latin yang didirikan pada 2004 dengan Venezuela dan Kuba sebagai negara pelopor kerjasama tersebut. Bentuk kerjasama yang awalnya adalah dibidang sosial dan budaya, karena aspek satu kawasan yang sama, kini berkembang menjadi kerjasama yang berada pada ranah politik. Di bidang politik inilah kemudian Alba menjadi senter menyuarakan penentangannya terhadap neoliberalisme di kawasan Amerika Latin. Kawasan Amerika Latin merupakan kawasan yang sebagian besar negaranya adalah berfaham sosialisme. Tak heran jika beberapa negara Amerika Latin ini menentang eksistensi neoliberalisme dikawasan tersebut. Namun, hal menarik untuk diteliti adalah jika bentuk pertentangan tersebut diwujudkan dalam sebuah kerangka kerjasama regional, yaitu Alba. Oleh karena itu, dengan memfokuskan pada sejauh mana negara-negara yang tergabung dalam Alba tersebut melakukan resistensi terhadap eksistensi neoliberalisme di kawasan Amerika Latin menjadi perhatian utama dalam penelitian ini. Melalui kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu regionalisme baru, neofungsionalisme, dan aliansi, peneliti menemukan bahwa pembentukan Alba merupakan bagian dari rencana besar untuk melakukan penentangan terhadap neoliberalisme dikawasan Amerika Latin yang dilakukan secara kolektif. Semakin nyata wujud neoliberalisme dikawasan tersebut semakin resisten negara-negara yang tergabung dalam Alba terhadap neoliberalisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 55/10 Put k
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL RELATIONS
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Dimas Putranto, 070517677UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJoko Susanto, SIP., MScUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 14 Mar 2011 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 04:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17252
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item