PERILAKU PENYALAHGUNAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Pengguna Perpustakaan Kampus B Universitas Airlangga)

DIAN MAYASARI, 070417457 (2009) PERILAKU PENYALAHGUNAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Pengguna Perpustakaan Kampus B Universitas Airlangga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-mayasaridi-17012-fisiip-k.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-mayasaridi-14266-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi yang menganut sistem layanan terbuka sangat rawan terhadap terjadinya perilaku penyalahgunaan koleksi perpustakaan. Hal ini disebabkan karena sistem layanan terbuka memungkinkan pengguna untuk mengakses sendiri koleksi yang mereka butuhkan di rak. Ada beberapa bentuk perilaku penyalahgunaan koleksi perpustakaan yaitu pencurian, mutilasi, peminjaman tidak sah, dan vandalisme. Terdapat beberapa faktor yang mendorong pengguna melakukan perilaku penyalahgunaan koleksi perpustakaan. Faktor-faktor itu adalah pengalaman pribadi, pengaruh kebudayaan, pengaruh orang lain yang dianggap penting, media massa, lembaga pendidikan dan lembaga agama, pengaruh faktor emosional. Penyalahgunaan koleksi dapat menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi perpustakaan. Kerugian secara finansial dan sosial. Kerugian finansial adalah kerugian yang dirasakan oleh perpustakaan dalam hal dana yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki koleksi yang rusak. Sedangkan kerugian sosial yang diakibatkan oleh penyalahgunaan koleksi perpustakaan adalah berkurangnya kepercayaan dan dapat memberikan citra yang kurang baik bagi perpustakaan. Dampak lain yang diakibatkan oleh perilaku penyalahgunaan koleksi perpustakaan adalah terhalangnya transfer informasi dan ilmu pengetahuan, terganggunya iklim pendidikan, serta biaya preservasi yang sangat mahal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survey. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perilaku penyalahgunaan apa saja yang dilakukan oleh pengguna di Perpustakaan Kampus B Universitas Airlangga. Dari teori-teori yang dipakai dalam penelitian ini, penulis akan menggali faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengguna melakukan perilaku penyalahgunaan koleksi perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 27/10 May p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; LIBRARY COLLECTION
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
DIAN MAYASARI, 070417457UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Gunarti, Dra.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 24 Mar 2011 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 06:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17282
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item