STUDI EVALUASI EFEKTIFITAS SISTEM LAYANAN SELULER DI UPT PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Asykaria Purwaningsih, 07083037 (2010) STUDI EVALUASI EFEKTIFITAS SISTEM LAYANAN SELULER DI UPT PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-purwanings-17430-fisiip-k.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-purwanings-14610-fisiip-s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Layanan seluler atau yang biasa disebut layanan SMS (Short Message Service) gateway merupakan sebuah sistem layanan yang menggunakan fasilitas SMS dengan menggunakan media handphone / telepon seluler yang bertujuan sebagai sarana layanan komunikasi dan informasi antara lembaga dengan penggunanya. Layanan SMS merupakan layanan yang relative baru tetapi sudah merambah ke semua aktivitas masyarakat, tidak terkecuali perpustakaan. Sistem layanan tersebut merupakan salah satu fasilitas layanan perpustakaan yang bertujuan memberikan kemudahan bagi pengguna perpustakaan dalam mendapatkan layanan perpustakaan, sesuai dengan fasilitas yang diberikan oleh perpustakaan. Penelitian ini dilakukan adalah untuk mengevaluasi efektivitas sistem layanan seluler, juga untuk mengevaluasi implementasi yang telah dilakukan selama tiga tahun ini, serta untuk mengetahui kendala-kendala yang ditemui selama pelaksanaa sistem. Metode penelitian dalam pembuatan tugas akhir ini menggunakan metode penelitian deskriptif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari para responden Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa efektifitas system layanan seluler sudah berjalan dengan baik dan sistematis, menurut tujuh poin evaluasi yaitu system quality, information quality, perceived usefulness, perceived ease of use, information system use, individual impact, dan information system satisfaction, secara keseluruhan sudah cukup memadai dan memuaskan. Walaupun terdapat titik kelemahan pada tahapan implementasi sistem layanan seluler, yang membuat jumlah pengguna layanan seluler tidak banyak, maka dari itu perlu dilakukan upaya sosialisasi dan promosi layanan seluler kepada seluruh pengguna perpustakaan pada khususnya dan seluruh sivitas akademika pada umumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 47/10 Pur s
Uncontrolled Keywords: LIBRARY AUTOMATION; CONSUMER SATISFACTIONS
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Asykaria Purwaningsih, 07083037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 30 Mar 2011 12:00
Last Modified: 16 Sep 2016 02:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17302
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item