MAKNA SIMBOLIK PAKAIAN WAYANG POTEHI DI KLENTENG HONG SAN KIONG KECAMATAN GUDO KABUPATEN JOMBANG

HENDY NUGROHO TRIHATMOJO, 070216787 (2008) MAKNA SIMBOLIK PAKAIAN WAYANG POTEHI DI KLENTENG HONG SAN KIONG KECAMATAN GUDO KABUPATEN JOMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
download.php_id=gdlhub-gdl-s1-2009-trihatmojo-9873&no=1
Restricted to Registered users only

Download (1kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan wayang Potehi sebagai fakta budaya yang menurut peneliti masih kurang mendapatkan perhatian secara khusus dari para peneliti sosial pada umumnya maupun antropolog pada khususnya. Penelitian ini didasarkan pula penelitian serupa yang telah dilakukan tentang kebudayaan Tionghoa khususnya wayang Potehi. Pada penelitian terdahulu, penelitian wayang Potehi lebih difokuskan pada proses pertunjukkan, bahasa yang digunakan pada waktu pertunjukkan, serta hubungan antara wayang Potehi dengan klenteng. Penelitian ini dilakukan di Jombang antara tahun 2007 hingga 2008. Jenis penelitian ini menurut analisis data penelitiannya adalah penelitian kualitattif deskriptif. Hasil penelitian ini mendeskripsikan nama motif pakaian, warna motif, warna kain, dan beserta maknanya. Obyek yang menjadi kajian penelitian ini adalah pakaian wayang Potehi beserta motif-motif yang terdapat pada pakaian untuk pemeranan tokoh manusia dari masa dinasti Tang Secara visual, pakaian wayang Potehi mempunyai keunikan yang berbeda dengan wayang Jawa terutama wayang kulit purwa. Motif yang digunakan pada pakaian wayang Potehi menyatu dengan pada kain pakaian dengan menggunakan benang dan unsur materi lain yang lazim digunakan pada pakaian jadi. Analisis data yang dilakukan merupakan hasil interpretasi terhadap simbol-simbol maupun warna yang terdapat pada pakaian wayang Potehi. Dokumentasi visual disajikan dalam bentuk foto tampak depan dan belakang dari pakaian wayang Potehi untuk mempermudah analisis temuan data. Pada akhirnya dapat diketahui pemaknaan simbolik dari pakaian wayang Potehi yang dapat diklasifikan berdasarkan strata sosial dari masing-masing tokoh manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FIS ANT 13/09 Tri m
Uncontrolled Keywords: TRADITIONS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP135-136.9 Hadith literature. Traditions. Sunna
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
HENDY NUGROHO TRIHATMOJO, 070216787UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNyoman Naya Sujana, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 03 Jul 2009 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 02:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17343
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item