ANALISIS KESESUAIAN ANTARA HARAPAN DAN PERSEPSI PENGGUNA ATAS KUALITAS LAYANAN DIGITAL THESES DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KRISTEN PETRA SURABAYA

Dessy Harisanty, 070317026 (2007) ANALISIS KESESUAIAN ANTARA HARAPAN DAN PERSEPSI PENGGUNA ATAS KUALITAS LAYANAN DIGITAL THESES DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KRISTEN PETRA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-harisantyd-6266-fisiip-t.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17438.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin cepat membawa banyak perubahan dalam setiap aspek kehidupan, termasuk perpustakaan. Perpustakaan harus dapat memenuhi segala kebutuhan informasi pengguna dengan cepat, tepat, dan mudah. Untuk menghadapi tantangan ini, perpustakaan harus mempunyai solusi yaitu salah satunya dengan adanya perpustakaan digital. Perpustakaan UK Petra merupakan perpustakaan yang sudah menerapkan digitalisasi dengan salah satu layanannya adalah Digital Theses yaitu koleksi TA dari sivitas akademika UK Petra yang berbentuk digital. Layanan yang disediakan Perpustakaan UK Petra bertujuan untuk memuaskan pengguna (user oriented). Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk menganalisis kesesuaian antara harapan dan persepsi pengguna atas kualitas layanan Digital Theses di Perpustakaan UK Petra sehingga dapat diperoleh juga gambaran tentang harapan dan persepsi pengguna serta rangking dimensi kualitas yang menyangkut dimensi reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang sifatnya deskripsi eksplanatori dengan metode survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harapan pengguna selalu lebih tinggi daripada persepsinya. Dari segi rangking antara tingkat harapan dan persepsi pengguna, terlihat ada ketidaksesuaian. Dan hasil dari uji hipotesis yang menggunakan uji statistik nonparametrik untuk data berpasangan, yaitu Tes Rangking-Bertanda Wilcoxon menyatakan bahwa tidak ada kesesuaian antara harapan dan persepsi pengguna atas kualitas layanan Digital Theses di Perpustakaan UK Petra. Sehingga penting bagi pihak Perpustakaan UK Petra untuk memformulasikan kembali strategi guna memenuhi harapan pengguna, yakni membangun layanan digital di Perpustakaan UK Petra yang berbasis user oriented.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP.01/07 Har a
Uncontrolled Keywords: LIBRARIES AND READERS; LIBRARIES � USER SATISFACTION
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7868.D5 Digital electronics and Electronic circuit design
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Dessy Harisanty, 070317026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 13 Mar 2008 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 03:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17438
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item