PERAN IBU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU GEMAR MEMBACA PADA ANAK DI KOTA MALANG: Study Deskriptif Tentang Peran Ibu Dalam Menumbuhkan Perilaku Gemar Membaca Pada Anak di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang

Catharina Kemuning Ayu Purnamasari, 070417481 (2008) PERAN IBU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU GEMAR MEMBACA PADA ANAK DI KOTA MALANG: Study Deskriptif Tentang Peran Ibu Dalam Menumbuhkan Perilaku Gemar Membaca Pada Anak di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-purnamasar-7823-abstract-8.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17460.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penanaman budaya baca mutlak dilakukan sejak dini dan orang dewasa terutama orangtua memegang peran terpenting dalam menumbuhkan perilaku gemar membaca pada anak. Motivasi dan dorongan dalam kegiatan membaca berawal dari contoh dan kebiasaan membaca yang dilakukan di lingkungan keluarga sebagai agen sosialisasi primer. Kecintaan dan kebiasaan orangtua terutama seorang Ibu pada kegiatan membaca akan memberikan anak suatu teladan yang baik. Oleh karena itu untuk memungkinkan anak mencintai buku dan memiliki perilaku gemar membaca, maka diperlukan keterlibatan Ibu baik secara aktif maupun pasif dalam segala hal yang menyangkut minat baca anak. Banyak studi yang dilakukan oleh peneliti-peneliti sebelumnya untuk mengetahui peran keluarga terhadap minat baca anak. Dalam studi ini peneliti ingin mengetahui secara lebih dalam tentang peran Ibu pada khususnya dalam menumbuhkan perilaku gemar membaca pada anak. Peneliti beranggapan sosok Ibu adalah sosok yang terpenting dalam perkembangan minat baca anak, tanpa bermaksud mengesampingkan peran Bapak sebagai kepala keluarga. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif sedangkan metode yang digunakan adalah metode survey. Untuk pemilihan responden, seluruh responden dalam penelitian ini dipilih dengan cara purposive sample. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa mayoritas Ibu yang menjadi responden melakukan kegiatan-kegiatan yang dikategorikan peneliti dalam peran aktif maupun peran pasif Ibu menumbuhkan perilaku gemar membaca pada anaknya. Dan status sosial ekonomi Ibu ternyata tidak berpengaruh dalam kegiatan-kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP.17/08 Pur p
Uncontrolled Keywords: LITERACY; CHILD EDUCATION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7120-7197 Persons > K7155-7197 Domestic relations. Family law > K7181-7197 Parent and child. Guardian and ward
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1101-1139 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early childhood education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Catharina Kemuning Ayu Purnamasari, 070417481UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 06 Oct 2008 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 03:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17460
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item