BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI PEMASARAN AUDIO LAB SIDOARJO

ALDYNA ROZAN DAMPING, 070417431 (2008) BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI PEMASARAN AUDIO LAB SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-dampingald-9161-abstract-8.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17485.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk-bentuk komunikasi pemasaran suatu perusahaan, khususnva perusahaan berskala kecil. Dalam dunia usaha, komunikasi pemasaran merupakan suatu komponen penting. Hal tersebut tidak hanya berlaku bagi perusahaan berskala besar, melainkan juga bagi perusahaan berskala kecil, dimana komunikasi pemasaran tersebut bermanfaat untuk mengkomunikasikan produk atau jasa yang mereka miliki. Terlepas dari perbedaan yang terlihat menonjol antara kedua skala perusahaan tersebut, yakni keterbatasan dana yang dialami perusahaan berskala kecil, perusahaan berskala kecil tetap membutuhkan upaya komunikasi pemasaran dengan pendekatan IMC. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti ingin meneliti bentuk-bentuk komunikasi pemasaran Audio Lab Sidoarjo, sebagai salah satu perusahaan berskala kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk-bentuk komunikasi pemasaran yang ditakukan Audio Lab Sidoarjo tersebut. Tinjauan pustaka yang dipergunakan antara lain mengenai komunikasi pemasaran, Integrated Marketing C:ommunicwiom v, dan Promotional Mix. Pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan metode penelitian berupa studi kasus, dan tipe penelitian deskriptif. Sasaran penelitian adalah pengelola Audio Lab, yakni Exectdiw Director dan Partner Kerja Audio Lab, Mantan Asisten Executive Director Audio Lab, dan beberapa konsumen Audio Lab. Teknik pengumpulan data mempergunakan wawancara mendalam dan observasi, sehingga unit analisis datanya berupa narasi¬narasi hasil wawancara dengan informan dan hasil-hasil observasi Hasil dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa walaupun Audio Lab memiliki kendala keterbatasan dana, seperti yang dialami perusahaan kecil pada umumnya, Audio Lab dapat melakukan berbagai bentuk komunikasi pemasaran. Beberapa di antara bentuk kommukasi pemasaran yang dilakukan Audio Lab tersebut tergolong unik. Misalnya dalam personal selling, Audio Lab mengadakan undangan jamuan makan terhadap berbagai prospek dari kalangan media dan perusahaan periklanan. Dalam advertising Audio Lab juga memasang stiker pada laptop, sebagai iklan berjalan atau mobile billboard. selain penggunaan mobil atau kendaraan pada umumnya Kemudian Audio Lab juga memanfaatkan Cara-cara yang mampu dilakukannya untuk komunikasi pemasaran melalui internet, tanpa biaya tinggi, yakni spam, Friendster, dan members group Internet, selain penggunaan e-mail vang sudah biasa dipergunakan. Di samping keberadaan bentuk-bentuk komunikasi pemasaran tersebut, word of month menjadi suatu bentuk komunikasi pemasaran yang paling menonjol. Word of mouth memberikan kontribusi besar terhadap keeksistensian Audio Lab, dalam mengkomunikasikan Audio Lab kepada konsumen Terlepas dari itu, bentuk-bentuk komunikasi pemasaran tersebut dilihat sebagai suatu kesatuan yang penting untuk melakukan, sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan, sehingga dengan kata lain menunjukkan bahwa Audio Lab menerapkan pendekatan Integrated Marketing Communication

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K.85/08 Dam b
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION IN MARKETING; STRATEGIC PLANNING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ALDYNA ROZAN DAMPING, 070417431UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSanti Isnaini, S.Sos., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 06 Feb 2009 12:00
Last Modified: 02 Jul 2017 22:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17485
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item