PROSES PENCITRAAN CALON KEPALA DAERAH: STUDI KASUS PROSES PENCITRAAN Dr SOEKARWO SH, MHum SEBAGAI CALON GUBERNUR JAWA TIMUR 2038-2013

KHUSNINA SEKAR S, 070417428 (2008) PROSES PENCITRAAN CALON KEPALA DAERAH: STUDI KASUS PROSES PENCITRAAN Dr SOEKARWO SH, MHum SEBAGAI CALON GUBERNUR JAWA TIMUR 2038-2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-khusninase-9066-abstract-8.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17501.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pencitraan telah mengantarkan Susilo Bambang Yudhoyono menuju kursi kepresidenan pada pemilihan presiden (pilpres) secara langsung untuk pertama kalinya di Indonesia pada 2004 lalu. Pencitraan kandidat politik dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) secara langsung diperlukan untuk membuat citra yang positif sehingga simpati masyarakat dapat diperoleh. Soekarwo sengaja dipilih karena ia adalah birokrat tulen yang memasuki panggung politik sehingga dibutuhkan pencitraan yang tepat. Penelitian ini menggambarkan proses pencitraan yang dilakukan Dr Soekarwo SH Mhum sebagai calon gubernur Jawa Timur 2008. Hasil penelitian dapat menjadi suatu petunjuk bagi kandidat politik lain yang akan maju dalam pilkada, dalam melakukan pencitraan dirinya. Penelitian ini menggnnakan metode studi kasus, untuk mendapatkan analisa yang lebih mendalam. Proses pencitraan Soekarwo merupakan proses yang panjang. Citra "Pakde Karwo" merupakan citra yang dilekatkan pada diri Soekarwo. Citra "Pakde Karwo" dipilih karena sosok Pakde merupakan sosok orang yang dituakan, bersifat bijaksana, peduli dapat dimintai bantuan. Setelah, perumusan citra "Pakde", langkah berikutnya ialah meluncurkan produk (consumer goods) bermerek "Pakde" pada tahun 2006, Setelah produk merek "Pakde" sudah dikenal, mulai dilakukan usaha-usaha untuk memperkenalkan Pakde adalah Soekarwo melalui berbagai pertemuan dengan public. Dalam mempresentasikan citra "Pakde Karwo", digunakan tiga pendekatan yaitu pull marketing, push marketing dan pass marketing. Pendekatan push marketing lebih banyak dilakukan untuk mendekatkan citra dan sosok "Pakde Karwo" kepada konstituen, karena citra dapat lebih dilekatkan pada benak konstituen.Citra "Pakde Karwo" juga merupakan sebuah strategi positioning yang membedakan Soekanvo dengan kandidat politik lain yang bertarung dalam pemilihan gubernur Jawa Timur 2008-2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K.82/08 Seg p
Uncontrolled Keywords: GOVERNORS � ELECTIONS
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3289-3367 Organs of government > K3290-3304 The people. Election law
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
KHUSNINA SEKAR S, 070417428UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuko Widodo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 09 Feb 2009 12:00
Last Modified: 02 Jul 2017 23:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17501
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item