PENURUNAN SUARA PKB DALAM PEMILU LEGISLATIF 2009 DI KABUPATEN JOMBANG DAN UPAYA-UPAYA MENGATASINYA

SITARESMI N.R.P PUTERI, 071013016 (2014) PENURUNAN SUARA PKB DALAM PEMILU LEGISLATIF 2009 DI KABUPATEN JOMBANG DAN UPAYA-UPAYA MENGATASINYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
Binder1puterisita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Penurunan Suara PKB Dalam Pemilu Legislatif 2009 di Kabupaten Jombang dan Upaya-upaya Mengatasinya” diangkat karena penulis ingin mengetahui penyebab penurunan suara bagi Partai kebangkitan Bangsa (PKB) dan sejauh mana PKB mengupayakan penguatan elektabilitasnya di Kabupaten Jombang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mempertanyakan apakah penyebab tejadinya penurunan suara PKB di Kabupaten Jombang serta bagaimana upaya PKB untuk mengembalikan eksistensi dan berkembang di Kabupaten Jombang. Penelitian ini di analisis dengan teori partai untuk dapat melihat struktur internal PKB. Dalam penelitian ini ditemukan penyebab penurunan suara PKB di Kabupaten Jombang karena beberapa faktor yaitu, konflik dualisme di internal PKB, terpecahnya suara di internal NU, dan money politic. Dan sejauh ini upaya yang dilakukan PKB adalah yang pertama konsolidasi partai, pembelajaran politik dan sosialisasi kepada kader PKB, mengalokasikan dana APBD sebaik-baiknya, serta perenacanaan yang sudah disusun untuk menghadapi masyarakat yang cenderung Pragmatis. Menurut peneliti, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat kekecewaan dari warga Nahdhatul Ulama (NU) atas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dianggap tidak fokus lagi pada tujuan awal, serta adanya hegemoni Kyai yang beralaku dan juga adanya budaya dari masyarakat Jombang yang menikmati politik uang para politisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P 63/14 Put p
Uncontrolled Keywords: CONFLICT OF INTERESTS; POLITICAL PARTIES
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS2301-2460.7 Political and "patriotic" societies
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
SITARESMI N.R.P PUTERI, 071013016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPriyatmoko, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 24 Dec 2014 12:00
Last Modified: 30 Sep 2016 00:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17530
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item