INOVASI KORPORASI DAN KEBIJAKAN INDUSTRI OTOMOBIL EMERGING COUNTRIES ASIA DI TENGAH REZIM LINGKUNGAN: STUDI PERBANDINGAN HYUNDAI, TATA, DAN SAIC

INDIRA AGUSTIN, 071012006 (2014) INOVASI KORPORASI DAN KEBIJAKAN INDUSTRI OTOMOBIL EMERGING COUNTRIES ASIA DI TENGAH REZIM LINGKUNGAN: STUDI PERBANDINGAN HYUNDAI, TATA, DAN SAIC. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
Binder1agustinind.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-agustinind-34599-9.abstr-k.pdf

Download (335kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri otomobil yang berkembang paska revolusi industri lebih banyak didominasi oleh negara maju pada abad ke-19 hingga 20 di mana industri ini turut memberi porsi yang besar bagi perekonomian negara-negara tersebut. Namun emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh industri otomobil kemudian mendorong munculnya rezim lingkungan yakni Protokol Kyoto yang meregulasi emisi gas dalam rangka mengurangi dampak pemanasan global. Di tengah dinamika ini, muncul beberapa aktor industri otomobil yang berasal dari negara emerging economies dengan pertumbuhan produksi yang tinggi. Dengan demikian perlu diteliti mengenai hal apa saja yang mampu mendorong pertumbuhan produksi yang tinggi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan strategi yang dikembangkan antara korporasi yaitu Hyundai, Tata, dan SAIC serta pemerintah emerging economies Korea Selatan, India, dan China sehingga pertumbuhan produksinya mampu bersaing dengan industri otomobil dari negara maju. Peneliti menggunakan teori modernisasi ekologi serta corporate environmentalism dalam menjelaskan fenomena tersebut. Penelitian dilakukan pada rentang waktu 1998-2012, yaitu sejak awal disepakatinya Protokol Kyoto hingga akhir masa berlakunya dengan melibatkan aktor Hyundai, Tata, dan SAIC. Dengan menggunakan metode perbandingan diperoleh hasil bahwa ketiga aktor tersebut mengembangkan inovasi teknologi otomobil baik secara mandiri melalui riset dan pengembangan yang didukung oleh negara maupun melalui transfer teknologi dengan melakukan kerjasama dengan korporasi asing. Selain itu negara tempat korporasi tersebut berpusat turut memberikan dukungan terhadap industri otomobil supaya dapat tumbuh dengan pusat melalui kebijakan perdagangan maupun investasi asing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis HI 62/14 Agu i
Uncontrolled Keywords: AUTOMOBILE INDUSTRY AND TRADE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
INDIRA AGUSTIN, 071012006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIrfa Puspitasari, S.IP.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 31 Dec 2014 12:00
Last Modified: 30 Sep 2016 00:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17542
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item