Representasi Identitas Anak Turun Kiai Dalam Novel Bola-Bola Santri Karya Sachree M. Daroini

Iim Muzayyanah (2015) Representasi Identitas Anak Turun Kiai Dalam Novel Bola-Bola Santri Karya Sachree M. Daroini. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (468kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (536kB)
[img] Text
5. BAB II GAMBARAN OBJEK PENELITIAN.pdf

Download (505kB)
[img] Text
6. BAB III TEMUAN DAN ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 26 May 2023.

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 26 May 2023.

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (214kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Representasi Identitas Anak Turun Kiai dalam novel Bola-Bola Santri karya Sachree M. Daroini yang mengambil setting pesantren salaf. Identitas tidak dapat dilepaskan dari representasi yang dibangun terutama oleh Bahasa. Dari proses representasilah inilah yang secara tidak langsung berpengaruh dalam pembentukan identitas. Konsep identitas juga selalu berkaitan dengan peran. Peran secara umum dapat didefinisikan sebagai sebuah harapan budaya terhadap suatu posisi atau kedudukan. Peran lebih berkaitan dengan harapan daripada perilaku aktual, dan peran lebih bersifat normatif daripada deskriptif. Pesantren salaf merupakan salah satu tipe pesantren yang memiliki system nilai yang unik. Salah satunya tradisi kepemimpinan dan peran kiai yang berlaku di pesantren. Kiai dalam komunitas pesantren salaf merupakan tokoh sentral dan personifikasi yang utuh terhadap teks-teks kitab kuning yang menjadi ajaran utama di pesantren salaf. Tradisi kepemimpinan yang bersifat askriptif, menempatkan anak turun kiai sebagai posisi pewaris tahta ke-kiaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor dan mendeskripsikan identitas anak turun kiai yang direpresntasikan dalam novel. Metode yang digunakan adalah analisis tekstual semiotika Barthes. Semiotika Barthes, memfokuskan pada gagasan tentang signifikasi dua tahap, yaitu denotasi sebagai signifikasi tingkat pertama dan konotasi sebagai signifikansi tingkat kedua. Dengan membuka wilayah pemaknaan konotatif ini, peneliti dapat memahamai penggunaan bahasa kiasan dan metafora yang tidak mungkin dapat dilakukan pada level denotatif. Pemaknaan dilakukan dengan melihat konteks pesantren salaf yang melingkupi tradisi dan system nilai yang dianut. Peneliti juga melakukan analisis intertekstual sebagai bahan diskusi. Dari hasil analisis, peneliti menemukan identitas anak turun kiai yang direpresentasikan dalam novel Bola-Bola Santri karya Sachree M. Daroini adalah; (1) pewaris tahta kiai;(2) sarjana yag menguasai kitab kuning;(3) penghafal al- Quran;(4) memiliki tuah; dan (5) sasaran politik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K. 18/15 Muz r
Uncontrolled Keywords: CHILDREN; NOVELS
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children
Q Science > Q Science (General) > Q223-227 Communication in Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Iim MuzayyanahNIM070915109
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRendy Pahrun WadipalapaNIDN0001088802
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 23 Feb 2015 12:00
Last Modified: 26 May 2020 13:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17563
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item