Andika Kelana Putra (2015) Resistensi Finlandia Terhadap Global Educational Reform Movement. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (441kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (332kB) |
|
Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf Download (850kB) |
|
Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 7 April 2023. Download (667kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 7 April 2023. Download (836kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 7 April 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 7 April 2023. Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 7 April 2023. Download (885kB) | Request a copy |
Abstract
Global Educational Reform Movement (GERM) merupakan gerakan untuk melakukan reformasi pendidikan di berbagai negara di dunia sebagai bagian dari perubahan paradigma pembangunan di era 1980an yang didominasi oleh gagasan-gagasan neoliberal. Melalui peran sentral institusi-institusi pembangunan internasional seperti Bank Dunia, WTO dan IMF, GERM mampu menjadi sebuah ortodoksi kebijakan pendidikan di berbagai negara. Reformasi neoliberal dalam pendidikan kemudian secara masif dilakukan di berbagai negara terutama negara-negara Anglo-Saxon seperti Inggris, Australia dan Selandia Baru. Atas motif ekonomi, GERM menekankan adanya perubahan pada pengelolaan sektor pendidikan menjadi lebih fleksibel dan mampu memenuhi kebutuhan sektor industri yang dihasilkan oleh sistem pendidikan, yakni tenaga kerja yang berkeahlian dan berkualitas tinggi. Sebagai derivasinya, GERM memiliki fitur-fitur kebijakan utama seperti privatisasi dan desentralisasi pendidikan. Di saat banyak negara ramai mengadopsi GERM, Finlandia justru menunjukkan sikap resistensi. Finlandia menunjukkan vektor kebijakan yang bertolak belakang dengan kebijakan-kebijakan pro-pasar. Dengan menggunakan konsep dan teori tentang dinamika relasi global-lokal dalam konteks tekanan globalisasi terhadap nagara, penelitian ini berfokus untuk mencari penjelasan ilmiah terkait dengan resistensi Finlandia terhadap GERM. Melalui metode penelitian eksplanatif penelitian ini menghasilkan temuan data bahwa resistensi Finlandia terhadap GERM disebabkan oleh ketidaksesuaian dan benturan nilai antara GERM dengan nilai-nilai yang dibangun dalam pendidikan Finlandia. Resistensi Finlandia juga ditunjukkan ketika pemerintah dan aktor-aktor yang berperan penting dalam pendidikan tetap konsisten untuk mempertahankan nilai-nilai lokal yang menjadi landasan pendidikan di Finlandia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis HI. 07/15 Put r | ||||||
Uncontrolled Keywords: | INTERNATIONAL EDUCATION | ||||||
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) J Political Science > JZ International relations |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tn Yusuf Jailani | ||||||
Date Deposited: | 05 Mar 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 07 Apr 2020 07:28 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17609 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |