Eco Campus: Studi Deskriptif Tentang Perilaku Mahasiswa ITS Terhadap Program Eco Campus

Archedia Lakswendra (2015) Eco Campus: Studi Deskriptif Tentang Perilaku Mahasiswa ITS Terhadap Program Eco Campus. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (136kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text (BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN)
5. BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 February 2023.

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III ANALISIS DATA)
6. BAB III ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 20 February 2023.

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 20 February 2023.

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 February 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berbagai masalah lingkungan termasuk pemanasan global (Global Warming)adalah masalah bersama yang membutuhkan sinergi semua pihak, bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah saja, melainkan semua elemen masyarakat. Berbagai bentuk antisipasi sebagai wujud kepedulian telah melahirkan berbagai program maupun gerakan-gerakan lingkungan dalam upaya memerangi pemanasan global tersebut, baik berupa program-program lingkungan yang diprakarsai oleh pemerintah (Kementerian Lingkungan Hidup), gerakan-gerakan lingkungan oleh LSM lingkungan, pendidikan lingkungan di sekolah-sekolah, pesantren dan kampus, kampanye, penyuluhan, sosialisasi, dan lain-lain. Akan tetapi berbagai program tesebut hanya terkesan simbolis saja dan cenderung dilupakan. Salah satu program lingkungan yang akhir-akhir ini ditujukan untuk lingkungan perguruan tinggi adalah yang disebut dengan program eco-campus (Green Campus). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan eco-campus di ITS Surabaya dan mengetahui perilaku mahasiswa Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) Institut Teknologi Surabaya terhadap program eco-campus di Surabaya. Teori yang digunakan adalah teori konflik George Simmel yang mempelajari tingkah laku manusia adalah didasarkan pada asumsi bahwa karakteristik sifat alami manusia dan insting kemanusiaan ditujukan untuk menolak orang lain dan motif yang tersembunyi yang kemudian menghasilkan konflik selanjutnya pokok dari kehidupan sosial dan evolusisosial. Dan teori perilaku Abraham Maslow yang menjelaskan tahapan perilaku manusia secara alami. Penelitian deskripif adalah tipe dari penelitian ini yang didukung dengan wawancara mendalam dan observasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasilnya, Program eco campus ITS bukanlah program yang ditujukan kepada setiap fakultas. Namun lebih lebih global keseluruh lini ITS. Keberhasilan eco campus tidak hanya secara fisik tetapi juga adanya perubahan perilaku serta sikap elemen positif dari civitas ITS, yang pada akhirnya akan bermanfaat untuk kepentingan bangsa dan Negara. Mulai dari desain bangunan ruang perkuliahan, yang nantinya berkonsep greenbuilding yakni menonaktifkan penggunaan AC di dalam ruang-ruang perkuliahan yang akan dibangun. Kepekaan mahasiswa terhadap kebersihan kampus sudah mulai terbangun.Kepekaan mahasiswa dalam hal ini merupakan implementasi socio engineering yang bertujuan untuk perubahan sikap, pola pikir, konsep, dan pemikiran mengenai eco-campus yang sangat bermanfaat di masa mendatang bagi kelangsungan hidup manusia yang seimbang dengan keberlangsungan alam yang mendukung. Penerapan eco-campus berdampak baik bagi mahasiswa.Karena mahasiswa mulai membangun kebiasaan baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S. 15/15 Lak e
Uncontrolled Keywords: Green movement
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB3201-3325 School architecture and equipment. School physical facilities. Campus planning
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD878-894 Special types of environment. Including soil pollution, air pollution, noise pollution
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Archedia LakswendraNIM070710291
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBenny SumbodoNIDN-
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 13 Mar 2015 12:00
Last Modified: 22 Feb 2020 01:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17637
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item