Rizka Halalinatin Thoyyibah (2015) Standart Kompetensi Pustakawan Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri se Surabaya: Studi Deskriptif Kompetensi Pustakawan Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia di bidang Perpustakaan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-thoyyibahr-38242-8.abstr-k.pdf Download (363kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
17696.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (378kB) |
||
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (301kB) |
||
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (216kB) |
||
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (363kB) |
||
Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III ANALISIS DATA)
6. BAB III ANALISIS DATA.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV INTERPRETASI TEORITIK)
7. BAB IV INTEPRETASI TEORITIK.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V PENUTUP)
8. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (817kB) | Request a copy |
Abstract
Guna memenuhi tanggungjawab pekerjaannya di perpustakaan pustakawan harus memiliki standart kompetensi tertentu. Berdasarkan fenomena tersebut maka peneliti ingin mengetahui lebih lanjut kompetensi yang dimiliki oleh pustakawan. Penelitian ini berfokus pada kompetensi pustakawan di perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri yang berdasarkan SKKNI di bidang perpustakaan. Berdasarkan SKKNI di bidang perpustakaan kompetensi terabagi atas tiga aspek yaitu kompetensi Umum, kompetensi inti dan kompetensi khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi pustakawan yang bekerja di perpustakaan perguruan tinggi negeri se Surabaya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik penyebaran kuisioner dan sedikit wawancara untuk memperdalam pernyataan yang diberikan oleh pustakawan sebanyak 28 responden yang tersebar di perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Se Surabaya. Hasil dari penelitian ini mengambarkan kompetensi dari tiga aspek kompetensi dalam SKKNI di bidang perpustakaan yaitu dari aspek kompetensi umum didapatkan bahwa kompetensi pustakawan sudah sesuai dengan tuntutan SKKNI di bidang perpustakaan, yaitu pustakawan memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam membuat rancangan kerja perpustakaan dibuktikan dengan 53,6% responden menyatakan bahwa mereka turut berkontribusi dalam pembuatan rencana kerja perpustakaan, dan Laporan Kerja perpustakaan di dbuktikan dengan dengan banyaknya responden yang menyatakan pernah membuat laporan kerja perpustakaan yaitu sebanyak 24 responden dengan persentasi sebesar 85,7%. Aspek kompetensi inti didapatkan bahwa kompetensi pustakawan cukup sesuai dengan tuntutan SKKNI di bidang perpustakaan namun masih terdapat beberapa aspek didalamnya yang masih belum dikuasai oleh hampir sebagian pustakawan hal ini dibuktikan dengan sebanyak 12 responden dengan persentase sebesar 42,9% mengetahui sedangkan responden yang mengetahui proses pengadaan bahan pustaka sebanyak 16 responden dengan persentase sebesar 57,1%, aspek promosi perpustakaan dibuktikan dengan sebanyak 17 responden yang menyatakan mampu memberikan gagasan untuk kegiatan promosi perpustakaan dengan persentase sebesar 60,7%.kompetensi Khusus didapatkan pustakawan belum sesuai dengan tuntutan SKKNI di bidang perpustakaan karena belum semua pustakawan melakukan aspek-aspek yang terkandung dalam kompetensi khusus. Hal ini dibuktikan dengan adapun pustakawan belum mengetahui prinsip-prinsip dalam mendesain sebuah gedung perpustakaan hal ini dibuktikan dengan minimnya pustakawan yang memilih pernyataan terkait secara tepat, hanya 7 responden saja yang mampu memilih pernyataan secara tepat yaitu memiliki desain yang fungsional dan ekonomis dengan persentase sebesar 25,0%, Translation: This research is based by a number of librarians who has lacked competence in the world. In order to fulfill the responsibilities of their job at the library librarian should have a certain standard of competence. Based on this phenomenon, the researchers want to find out more competencies that possessed by the librarians. This study focuses on the competence of librarians in the library of the State University based SKKNI in the library field. Based on SKKNI in library field competence are devided into three aspect those are general competence, main competence dan special competence. The aim of this research to discover librarian competence who works in state university in Surabaya. This research is important in libraly filed in order to get librarian certificate. In this research researcher is using spread questionnaire technique and little interview make the questions deeper that given to librarian with 28 respondents that spreading at state university in Surabaya. The result of this research is describing competence from three aspects starts from general competence, concluded that librarian competence are in accordance with SKKNI requirements in library field, that is all librarian has knowledge and ability in operating computer in elementary level and proved by most of librarian familiar with computer hardware component and it is also proved by 20 respondents who able to answer correctly by stating Monitor, CPU and hardisk are components of computer with percentage 71.4 % from that data showing that librarian has knowledge about computer in elementary level. Aspect of core competence is gained by librarian competence are accomply enough with librarian requirements in library field but There are several aspects in it are still not mastered by most librarians this is proved by library promotion aspect proved by 17 respondents that stated able to give opinion for library promotion with precentage 60.7 % and from special competition side gained by librarian is not in accordance with SKKNI requirements in librarian field because not all librarian performing all those aspects that contain in special aspects. It is proved by making literature aspect secunder and tersier that is proved by only 8 respondents who ever made secunder literature with precentage 28.6 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis IIP. 42/15 Tho s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | LIFE SKILLS; LIBRARIANS; ACADEMIC LIBRARIES | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tn Yusuf Jailani | ||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 27 Apr 2020 06:56 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17696 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |