WACANA POLITIK DI KALANGAN PEREMPUAN PARTAI KEADILAN SEJAHTERA KOTA SURABAYA

Pety Anggraini, 070116469 (2006) WACANA POLITIK DI KALANGAN PEREMPUAN PARTAI KEADILAN SEJAHTERA KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-anggrainip-1433-kkbkk-2-k.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17762.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena semakin maraknya keterlibatan perempuan di ranah politik. Padahal, di abad-abad sebelumnya dunia politik menjadi ruang yang gelap, sepi, dan tabu bagi perempuan. Keterlibatan perempuan di sektor politik, baik mereka yang ada di parlemen atau organisasi politik menjadi wacana yang menarik manakala perempuan dengan jumlah yang jauh lebih sedikit daripada laki-laki mampu menunjukkan kiprahnya dalam proses politik. Penelitian ini mengambil judul ‘Wacana Politik Di Kalangan Perempuan Partai Keadilan Surabaya". Peneliti memfokuskan permasalahan pada wacana aktivis perempuan tentang politik, kekuasaan, negara, kuota perempuan 30%, Pilkada, dan kesesuaian antara wacana yang dianut dengan bentuk partisipasi politik aktivis perempuan partai keadilan sejahtera Surabaya. Sebagai pisau analisis, penelitian ini menggunakan teori analisis wacana dan ideologi, hegemoni, kekuasaan, ideologi gender, dan partisipasi politik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana. Individu yang dijadikan subyek ialah mereka yang akrab dengan dunia politik, dalam hal ini individu yang duduk di lembaga legislativ DPRD kota Surabaya dan mereka yang terlibat di partai, baik di tingkat daerah, cabang, maupun tingkat ranting. Untuk memperoleh informasi yang mendalam data diperoleh melalui wawancara secara mendalam (indepth intetview), sumber-sumber data lain misalnya: buku, majalah, koran, internet akan dijadikan data tambahan. Metode analisis wacana akan digunakan dalam penelitian ini dengan berbagai cara menstrukturkan pengetahuan dan praktis sosial. Data yang telah terkumpul, diolah, diklasifikasikan menurut tema yang relevan dari tema yang umum kemudian diklasifikasikan ke tema yang spesifik. Tahap selanjutnya mengkaitkan data tersebut dengan teori yang relevan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 19/06 Ang w
Uncontrolled Keywords: WOMEN IN POLITICS
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS2301-2460.7 Political and "patriotic" societies
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Pety Anggraini, 070116469UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutinah, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 17 Jul 2006 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 17:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17762
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item