FIKRY ZAHRlA EMERALDIEN, 070710102
(2011)
PROSES PRODUKSlRUBRIK POLLING DETEKSI JAWA POS.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana kru DetEksi Jawa Pos memproduksi rubrik polling. Hal ini menjadi penting untuk diteliti karena rubrik polling telah menjadi identitas DetEksi. Berkat halaman ini pula j umlah pembaca Jawa Pos bertambah pesat bahkan berhasil dinyatakan sebagai koran nomor satu di Indonesia bahkan dunia. Sem ua kru yang merupakan anak muda, berusia 18-25 tahun, memberi wama tersendiri dalam pengambilan kebijakan dalam mang pemberitaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi dengan observasi partisipan, dan dianalisis menggunaka lima level analisis milik Shoemaker and Reese. Peneliti terjun langsung dalam proses produksi sebagai salah seorang dari tiga editor tim pemberitaan rubrik polling DetEksi Jawa Pos. Pendekatan etnografi dinilai bisa lebih dalam mengaji bagaimana kultur proses produksi berita itu, berikut mengetahui elemen-elemen apa sajakah yang mempengaruhi dalam pengambilan kebijakan dalam ruang pemberitaan.
Hasil penelitian ini memperIihatkan bahwa proses produksi rubrik . polling membutuhkan waktu paling panjang. Untuk satu halaman saja, mulai persiapan hingga pengiriman halaman ke percetakan bisa memakan waktu hingga lima bulan. Sebab, naskah yang disa,.iikan berbasis pada polling, sehingga harus dilakukan secara bertahap mulai penyebaran polling atau kuesioner, pengolahan data, pendiskusian desain halaman, pembuatan naskah, pengeditan, hingga layout dan pengiriman halaman.
Actions (login required)
|
View Item |