IGN WIDYA HADI SAPUTRA, 040912183 (2013) ANALISA PENGARUH IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT DENGAN KRITERIA MBNQA TERHADAP KINERJA BISNIS PADA PT PLN (PERSERO) AREA DISTRIBUSI BALI UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-saputraign-26534-5.abstr-i.pdf Download (282kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Dewasa ini, tingginya permintaan konsumen terhadap suatu produk atau jasa yang berkualitas semakin meningkat. Perkembangan dunia bisnis secara global menuntut tiap perusahaan untuk terus berupaya dalam menjawab keinginan konsumen tersebut. Dalam hal upaya meningkatkan kualitas produk atau jasa, mulai banyak praktek dan teori yang berkembang di dunia bisnis. Salah satu praktek dalam meningkatkan kualitas adalah melalui implementasi Total Quality Management atau TQM. TQM merupakan salah satu upaya perbaikan kualitas yang bersifat menyeluruh dan kontinyu. Dari beberapa literatur dijelaskan bahwa implementasi TQM akan meningkatkan kualitas dari produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan yang dapat memicu kinerja perusahaan ke arah yang lebih baik. Dalam hal ini, melalui penerapan TQM suatu perusahaan akan memiliki nilai unggul tersendiri bila dibandingkan dengan kompetitornya yang tidak menerapkan sistem manajemen kualitas tersebut ke dalam lini proses bisnisnya. Salah satu upaya dalam implementasi TQM dapat dilakukan melalui kriteria MBNQA yang terdiri dari kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus pasar dan pelanggan, analisa informasi, fokus SDM, manajemen proses, dan hasil bisnis. PT PLN (Persero) Area Distribusi Bali Utara sebagai salah satu anak cabang perusahaan listrik Negara di bawah BUMN telah menerapkan kriteria MBNQA dalam operasional bisnisnya. Melalui penelitian ini, akan dilihat hubungan antara implementasi TQM melalui kriteria MBNQA terhadap kinerja bisnis perusahaan. Data dianalisis menggunakan path analysis menggunakan metode Partial Least Square dengan bantuan software SmartPLS. Dari hasil penelitian yang ada, kriteria MBNQA secara keseluruhan tidak terbukti berhubungan positif terhadap kinerja bisnis perusahaan. Dari hasil penelitian diperoleh hasil t-statistic untuk kriteria kepemimpinan sebesar 1,6085; perencanaan strategis 0,5098; fokus pasar dan pelanggan 1,8617; analisis informasi 1,3693; fokus SDM 0,6488; manajemen proses 2,1131; dan hasil bisnis 5,1464. Hanya kriteria fokus pasar dan pelanggan, manajemen proses dan hasil bisnis saja yang berpengaruh terhadap kinerja bisnis, sementara kriteria lainnya tidak terbukti signifikan pengaruhnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B.99/13 Sap a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | TOTAL QUALITY MANAGEMENT | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mr Bambang Husodo | ||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2013 12:00 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:44 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1792 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |