Penerapan Budaya Perusahaan Dalam Pelayanan Konsumen (Studi Deskriptif tentang Budaya Perusahaan dan Penerapannya dalam Melakukan Pelayanan Kepada Pelanggan di PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Surabaya Selatan)

Fauzia Silvina, 070116583 (2006) Penerapan Budaya Perusahaan Dalam Pelayanan Konsumen (Studi Deskriptif tentang Budaya Perusahaan dan Penerapannya dalam Melakukan Pelayanan Kepada Pelanggan di PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Surabaya Selatan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
78.7.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-silvinafau-3099-fisant-u.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan arus globalisasi ekonomi saat ini menuntut perusahaan perusahaan di dunia untuk mampu menghadapi persaingan yang ketat. Agar dapat tetap survive perusahaan tersebut hams memiliki kualitas menejerial yang baik. Komponen perusahaan yang penting dan harus di menejeri secara baik salah satunya adalah penerapan budaya perusahaan yang baik. Budaya perusahaan yang banyak diamati oleh peneliti menejemen, disebutsebut mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Dengan budaya perusahaan yang baik akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kualitas perusahaan secara keseluruhan. Penerapan budaya perusahaan dalam peningkatan kualitas menejerial yang dilakukan dengan baik akan mempengaruhi setiap kegiatan perusahaan, salah satunya pada saat melakukan pelayanan kepada pelanggan. Penelitian ini mengkaji mengenai penerapan budaya perusahaan di PT. PLN (Persero) terutama dalam melakukan pelayanan kepada konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang mempertimbangkan kesesuaian antara obyek yang diteliti serta studi ilmu yang bersangkutan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif . Hal tersebut ditujukan untuk menghasilkan data deskriptif berupa data tertulis. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa budaya perusahaan diterapkan di PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Surabaya Selatan dalam 3 wujud yaitu sistem ide yang terlihat dalam filosofi, tata nilai, visi, misi, dan motto perusahaan. Sistem ide ini merupakan nilai dominan yang digunakan oleh perusahaan untuk menghadapi masalah integrasi internal dan adaptasi ekternal. Sistem selanjutnya adalah sistem perilaku yang dapat dilihat dari tingkah laku individu anggota perusahaan sebagai bentuk aplikasi budaya perusahaan yang telah disosialisasikan. Wujud terakhir adalah wujud budaya fisik atau material. Wujud budaya ini terlihat pada suasana kerja dan wujud bangunan perusahaan tersebut. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan yaitu bahwa budaya perusahaan ditetapkan di PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Surabaya Selatan melalui proses sosialisasi. Budaya perusahaan terwujud dalam nilai-nilai dominan, perilaku individu dan bentuk budaya fisik. Budaya perusahaan tersebut juga ditetapkan pads saat melakukan pelayanan kepada konsumen. Dan dengan budaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis Ant 37/06 Sil b
Uncontrolled Keywords: CONSUMER SATISFACTION; SOCIAL ANTHROPOLOGY
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Fauzia Silvina, 070116583UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoh. Adip, Drs., H., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 06 Dec 2006 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 21:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17927
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item