IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU (PSB) ONLINE ( Studi deskriptif Kualitatif Tentang Pelaksanaan Kebijakan Sistem Penerimaan Siswa Baru (PSB) Online pada SMAN di Surabaya)

AMINATUZ ZUHRIYAH, 070417277 (2008) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU (PSB) ONLINE ( Studi deskriptif Kualitatif Tentang Pelaksanaan Kebijakan Sistem Penerimaan Siswa Baru (PSB) Online pada SMAN di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-zuhriyaham-9061-fisan2-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk menjawab permasalahan penelitian bagaimana implementasi kebijakan sistem Penerimaan Siswa Baru (PSB) online pada SMAN di Surabaya serta untuk mengetahui faktor apa yang mendukung dan menghambat pelaksanaan kebijakan tersebut. Hal ini didasarkan pada fenomena bahwa implementasi kebijakan sistem Penerimaan Siswa Baru (PSB) online masih menghadapi kendala dalam pelaksanaannya. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang memberikan gambaran tentang implementasi kebijakan sistem PSB online serta menjelaskan gejala-gejala yang muncul dalam pelaksanaan kebijakan. Pen gumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi serta penggunaan dokumen sebagai sumber data sekunder. Wawancara dilakukan secara langsung kepada informan dengan teknik pengambilan sampel secara purposif yaitu atas dasar apa yang diketahui tentang variasi serta elemen yang terkait dengan implementasi kebijakan sistem PSB online. Adapun pihak-pihak yang diwawancarai dalam pelaksanaan kebijakan sistem PSB online adalah aparat pelaksana dari Dinas Pendidikwi, sekolah dan orang tua siswa atau siswa sebagai kelompok sasaran. Untuk melakukan pemeriksaan terhadap keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber data dengan membandingkan data hasil wawancara serta dengan dokumen yang ada. Analisa data dilakukan dengan menggunakan analisa data kualitatif karena data yang diperoleh kebanyakan adalah berupa kata-kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan sistem PSB online secara umum telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperliatikan yaitu kurangnya kegiatan sosialisasi kebijakan kepada masyarakat. Basil identifikasi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kebijakan sistem PSB online menunjukkan bahwa struktur birokrasi yang terdiri dan bagian-bagian dalam organisasi dalam pelaksanaan masih belum efektif, dan kurangnya komunikasi dan koordinasi antar bagian pelaksana menjadi faktor yang menghambat keberhasilan pencapaian tujuan kebijakan. Sedangkan ketersediaan sumber daya, sikap pelaksana dan dukungar kelompok sasaran menjadi faktor pendukung pelaksanaan kebijakan. Dengan adanya kebijakan sistem PSB online manfaat vang dapat diperoleh kelompok sasaran berupa pendidikan mengenai teknologi informasi, kecepatan dalam mendapatkan informasi, fair, obyektivitas, transparansi dan akuntabilitas dalam penerimaan siswa baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fus AN 27_/08 Zuh i
Uncontrolled Keywords: COMPETENCY BASED EDUCATION
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
AMINATUZ ZUHRIYAH, 070417277UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR. Wahyuni Triana, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 10 Feb 2009 12:00
Last Modified: 13 Jun 2017 23:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17973
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item