JANDA MUDA ( Studi Deskriptif Tentang Makna Janda Muda Di Surabaya Dan Tindakannya Dalam Menghadapi Stigma Status Janda Muda Yang Berkembang Di Lingkungan Sosialnya )

Erwan Prasetyo, 070016378 (2008) JANDA MUDA ( Studi Deskriptif Tentang Makna Janda Muda Di Surabaya Dan Tindakannya Dalam Menghadapi Stigma Status Janda Muda Yang Berkembang Di Lingkungan Sosialnya ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-prasetyoer-9474-fiss37-k.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-prasetyoer-9066-fiss37-..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi tentang pemaknaan diri seorang dengan status janda muda sangat relevan dengan kondisi masyarakat di Indonesia saat ini. Seperti diketahui bahwa banyaknya perceraian di Indonesia ini, khususnya di Surabaya yang menjadikan seorang wanita menjadi Janda, perceraian bukan penyebab satu-satunya wanita menjadi janda tetapi ada penyebab lain yaitu kematian. Bagaimana pemaknaan diri seorang wanita dengan status janda muda di Surabaya berkaitan dengan stigma dari lingkungan sosialnya. Penelitian yang dilakukan adalah tergolong sebagai tipe penelitian deskriptif. Analisa yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisa kualitatif. Pendekatan yang dugunakan adalah pendekatan interaksionosme simbolik, mengingat focus penelitian ini adalah untuk mengetahui pekmanaan diri janda muda terhadap status dirinya dan bagaimana janda muds menghadapi stigma fari lingkungan sosialnya. Hasil dari penelitian ini didapatkan Pertama, bahwa dari semua janda muda yang menenjadi subyek penelitian, mempunyai pekmanaan diri terhadap statusnya dikarenakan stigma yang diberikan oleh lingkungan sosialnya dengan kata lain hal ini berpengaruh terhadap pemaknaan diri janda muds. Kedua, janda muda melawan stigma yang diberikan oleh lingkungan sosialnya terhadap dirinya. Janda muda ingin membuktikan bahwa status yang di sandangnya sama sekali tidak benar jika di tuduhkan sebagai penggoda pria atau perebut suami orang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 37/08 Pra j
Uncontrolled Keywords: SOCIAL INTERACTION; WIDOWS
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ803 Temporary marriage. Trial marriage. Companionate marriage
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Erwan Prasetyo, 070016378UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 13 Feb 2009 12:00
Last Modified: 13 Jun 2017 23:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17977
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item