POLA PEMANFAATAN LAYANAN KESEHATAN KAMPUS (STUDI DESKRIPTIF MENGENAI POLA PEMANFAATAN LAYANAN KESEHATAN KAMPUS OLEH MAHASISWA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS AIRLANGGA)

HENDRA DWI SETAYA W., 070417306 (2008) POLA PEMANFAATAN LAYANAN KESEHATAN KAMPUS (STUDI DESKRIPTIF MENGENAI POLA PEMANFAATAN LAYANAN KESEHATAN KAMPUS OLEH MAHASISWA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS AIRLANGGA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-hendradwis-9947-fiss45-k.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-hendradwis-9491-fiss45-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejalan berkembangnya pandangan bahwa kesehatan juga merupakan fenomena sosial, maka disadari bahwa pelayanan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap derajat kesehatan. Pelayanan kesehatan juga harus mampu memberikan bentuk pelayanan yang sesuai dengan latar belakang sosial ekonomi dan budaya masyarakat. Berangkat dari ketertarikan pada perbedaan struktur sosial masyarakat terhadap pemanfaatan layanan kesehatan menjadikan tulisan ini difokuskan pada kelompok mahasiswa dengan fokus penelitian sebagai berikut: Pertama, bagaimana pola pemanfaatan layanan kesehatan kampus di kalangan mahasiswa? Kedua, Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pola pemanfaatan layanan kesehatan dari kalangan mahasiswa?. Penelitian yang dilakukan ini lebih sesuai dengan tipe deskriptif. Penelitian deskriptif dimaksudkan untuk pengukuran yang cermat terhadap fenomena sosial dengan pengembangan konsep dan menghimpun fakta, tetapi tidak melakukan pengujian hipotesa. Lokasi dalam penelitian ini adaiah di lingkungan Universitas Airlangga Surabaya. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah mahasiswa Universitas Airlangga yang masih aktif tercatat sebagai mahasiswa dan tercatat sebagai peserta asuransi kesehatan serta pemah melakukan kunjungan ke PPKM-UA, sedangkan tehnik pengambilan sampel dengan metode sistematik. Untuk menganalisa temuan data digunakan pendekatan teori struktural fungsional, dan beberapa pendekatan teori yang lebih khusus menjelaskan perilaku kesehatan. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi univariat dengan tabel frekuensi dan bivariat dengan tabel silang (cross tab). Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini adalah: Pertama, pola pemanfatan layanan kesehatan oleh meliputi: pencegahan, perawatan dan pengobatan. Kedua, dari penelitian ini menyatakan ada latar belakang lingkungan sosial yang tidak begitu berperan terhadap pola pemanfaatan layanan kesehatan. Pergeseran nilai akibat kontak dengan lingkungan sosial, dan perbendaharaan pengetahuan melalui pendidikan formal menjadiakan responden mampu membuat alternatif dalam bertindak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis S 45/08 Hen p
Uncontrolled Keywords: HEALTH SERVICES IN COLLEGE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB3401-3495 School hygiene. School health services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
HENDRA DWI SETAYA W., 070417306UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, DRS., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 07 May 2009 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 04:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18027
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item