PERGESERAN ORIENTASI SOSIAL DAN KEBIJAKAN KELUARGA BERENCANA DI KOTA MOJOKERTO

Nova Primananda, 070016267 (2008) PERGESERAN ORIENTASI SOSIAL DAN KEBIJAKAN KELUARGA BERENCANA DI KOTA MOJOKERTO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-primananda-9952-fisan2-k.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-primananda-9512-fisan2-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB) yang pada awalnya dilaksanakan secara terpusat atau secara sentral, Keluarga Berencana berjalan sangat lancar. Hal ini dapat dilihat dengan terkendalikannya pertumbuhan jumlah penduduk. Pelaksanaan program Keluarga Berencana secara sentral dengan slogannya yang terkenal dua anak cukup baik laki-laki atau perempuan sama saja yang slogan ini dikenal dengan Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS). Program NKKBS ini menjadikan masyarakat aktif ikut Keluarga Berencana. Namun dengan adanya perubahan sistem pemerintahan yang awalnya dengan sistem sentralisasi berubah menjadi sistem desentralisasi, maksudnya pelaksanaan pemerintah yang tadinya terpusat dan menjadi tanggung jawab pemerintah pusat kemudian didelegasikan ke daerah-daerah ataupun lebih dikenal dengan sistem otonomi daerah. Begitu hanya dengan Keluarga Berencana yang tadinya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat berubah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah/kota. Hal ini juga diterapkan untuk kota Mojokerto. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab masalah; apakah ada hubungan perubahan kebijakan pemerintah dengan nilai-nilai dan perilaku masyarakat; pendapat masyarakat dan juga perkembangan jumlah penduduk. Peneliti berusaha menjawab permasalahan di atas dengan teknik observasi, wawancara dengan informan yang terkait, dan di dukung dengan dokumen-dokumen yang relevan. Setelah dilaksanakan analisa dan interprestasi data yang relevan maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Keluarga Berencana di kota Mojokerto secara kelembagaan pada lini lapangan mengalami kemunduran karena kurangnva motivasi dari petugas PLKB. Demikian pula perubahan slogan yang tadinya NKKBS menjadi keluarga berkualitas maka terjadi perubahan penilaian masyarakat yang berakibat perkembangan penduduk sulit dikendalikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis AN 28/08 Pri p
Uncontrolled Keywords: BIRD CONTROL; CORPORATE CULTURE
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Nova Primananda, 070016267UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGitadi Tegas S, Drs., MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 11 May 2009 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 01:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18037
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item