PENGARUH NOVEL (CHICK LIT) TERHADAP PERILAKU MAHASISWI FISIP UNAIR : Studi Kasus terhadap Mahasiswi FISIP UNAIR Surabaya

IRMA INDRIANA W., 070016278 (2007) PENGARUH NOVEL (CHICK LIT) TERHADAP PERILAKU MAHASISWI FISIP UNAIR : Studi Kasus terhadap Mahasiswi FISIP UNAIR Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2007-irmaindria-4624-fisant-k.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-irmaindria-4624-fisant-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini kasusastraan di Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Hal ini terlihat dari semakin maraknya genre-genre baru dari novel yang muncul belakangan ini. Chick lit adalah salah satu genre baru yang muncul dari perkembangan novel. Akan tetapi kemunculannya yang belum mencapai rentang waktu satu dasawarsa ini ternyata sangat digemari oleh pembacanya yang mayoritas adalah kaum perempuan. Berbagai keunggulan yang dimiliki membuat pembacanya merasa terwakili akan kisah yang ada didalamnya. Untuk mendapatkan data dan informasi, maka penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan penelitian kualitatif Beberapa tahap yang digunakan dalam penelitian ini adalah; (1) Penentuan Lokasi Penelitian, yaitu FISIP Unair. (2) Penentuan Informan, adalah para mahasiswi yang memiliki pengetahuan dan pengalaman mengenai permasalahan yang diteliti. (3) Pengumpulan Data, meliputi pengamatan, wawancara serta studi pustaka. (4) Analisa Data, dengan cara mengumpulkan data dari hasil pengamatan terlihat, wawancara mendalam, studi dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi mahasiswi membaca chick lit, antara lain : (a) Untuk melepas penat mahasiswi memerlukan bacaan yang ringan semacam chick lit; (b) Bahasa yang ada didalam chick lit mempunyai cara bertutur yang ringan sehingga pembacanya merasa mudah untuk memahami isi cerita yang dimaksud dalam chick lit tersebut; (c) Cerita yang diangkat dalam chick lit mempunyai tema yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. (2) Perilaku baru yang muncul pada mahasiswi tergantung pada kepribadian dan dorongan dalam pribadi masing-¬masing, beberapa bentuk perilaku mahasiswi yang muncul setelah membaca chick lit antara lain; (a) Munculnya kegemaran menulis yang dirasakan setelah membaca beberapa judul chick lit sebagai motivasi mahasiswi tersebut; (b) Munculnya rasa percaya dan sikap supel dalam bergaul yang dialami seorang mahasiswi setelah sebelumnya sempat mengalami krisis percaya diri; (c) Kebiasaan gemar berbelanja yang mulai beralih ke gaya hidup hemat. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh yang muncul pada mahasiswi berkaitan dengan kegemarannya membaca chick lit antara alin; (1) Munculnya minat baru untuk menuangkan daya imajinasi dan kreativitas melalui cerita semacam chick lit; (2) Mahasiswi yang sebelumnya mengalami krisis percaya diri menjadi pribadi yang ceria, supel dan menjadi lebih percaya diri dalam bergaul; (3) Mahasiswi yang sebelumnya menerapkan gaya hidup mewah beralih pada gaya hidup yang lebih sederhana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis Ant 01/07 Irm p
Uncontrolled Keywords: SOCIAL CONDITIONS; FICTION �SOCIAL ASPECTS
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
IRMA INDRIANA W., 070016278UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Adi Prasetyo, Drs., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 11 May 2007 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 19:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18107
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item