PEMBERITAAN KONFLIK BILATERAL :Analisis Framing Pemberitaan Pemberian Suaka Politik Warga Papua oleh Pemerintah Australia Pada Surat Kabar Jawa Pos Dan Kompas Bulan Maret- Juni 2006

ALIF FIRDAUZI MAULANA, 070216796 (2007) PEMBERITAAN KONFLIK BILATERAL :Analisis Framing Pemberitaan Pemberian Suaka Politik Warga Papua oleh Pemerintah Australia Pada Surat Kabar Jawa Pos Dan Kompas Bulan Maret- Juni 2006. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2007-maulanaali-4719-fisk23-k.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-maulanaali-4719-fisk23-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena pemberitaan seputar fenomena suaka politik warga Papua oleh Pemerintah Australia. Fokusnya adalah penulisan berita-berita seputar pemberian suaka politik warga Papua oleh Pemerintah Australia. Penelitian ini berusaha untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana perspektif atau cara pandang dalam penulisan berita seputar pemberian suaka politik warga Papua oleh Pemerintah Australia. Penelitian ini dilakukan pada dua surat kabar harian Nasional yaitu Jawa Pos dan Kompas. Pemilihan kedua media tersebut, selain didasarkan pada penyebarannya yang sudah nasional, juga dikarenakan kedua media menaruh perhatian cukup besar pada berita-berita internasional. Sedangkan edisi penerbitan yang diteliti dari kedua surat kabar tersebut adalah antara bulan Maret hingga Juni 2006. Metode yang digunakan adalah metode analisis framing dengan menggunakan model analisis framing yang dikembangkan oleh Gamson dan Modigliani yang diharapkan mampu menguak media package (perspektif) yang digunakan Jawa Pos dan Kompas dalam penulisan berita seputar pemberian suaka politik warga Papua oleh Pemerintah Australia ini. Dari data yang dianalisis menunjukkan bahwa dalam pemberitaan seputar pemberian suaka politik warga Papua oleh Pemerintah Australia, surat kabar Jawa Pos menempatkan masalah pemberian suaka politik ini sebagai kesalahan pemerintah Australia, sementara Kompas memandang masalah tersebut sebagai bentuk kurangnya dialog pemerintah Indonesia, baik dengan pemerintah Australia maupun dengan masyarakat Papua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 23/07 Mau p
Uncontrolled Keywords: MASS MEDIA; SOCIAL CONFLICT
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ALIF FIRDAUZI MAULANA, 070216796UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuko Widodo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 31 May 2007 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 19:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18112
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item