PERILAKU KONSUMEN PERILAKU WANITA MEMBELI PERHIASAN : Studi Deskriptif tentang Perilaku dan Proses Komunikasi Pemasaran Wanita Surabaya dalam Melakukan Pembelian Perhiasan

ELLI ZUBAIDAH, 079815856 (2004) PERILAKU KONSUMEN PERILAKU WANITA MEMBELI PERHIASAN : Studi Deskriptif tentang Perilaku dan Proses Komunikasi Pemasaran Wanita Surabaya dalam Melakukan Pembelian Perhiasan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2007-zubaidahel-4723-fisk22-k.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-zubaidahel-4723-fisk22-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Komunikasi Pemasaran merupakan sebuah strategi praktis dalam mencapai tujuan bertahannya sebuah produk di masyarakat.Seorang Pemasar yang handal harus mampu memahami konsumen sedemikian rupa agar produknya tidak saja laku, tetapi juga mampu melekat dibenak pelanggan, sehingga tercipta loyalitas terhadap diri pelanggan tersebut.Pemahaman mengenai perilaku konsumen agaknya memang perlu diperhatikan, sebab tanpa bisa memahami konsumen dengan baik, suatu produk tidak dapat bertahan di pasar.Tetapi apakah demikian juga yang terjadi pada produk perhiasan ? Jawabnya mungkin agak unik, karena ketika wanita Surabaya ditanya tentang perilakunya membeli perhiasan, kebanyakan dari mereka tidak sadar merek, mereka lebih mengandalkan komunikasi interpersona daripada melihat iklan, mereka cenderung tidak tahu trend dan tidak mencoba menggali sumber informasi. Penelitian ini mencoba mendeskripsikan bagaimana perilaku wanita Surabaya dalam melakukan pembelian perhiasan, serta proses komunikasi pemasaran yang terjadi didalamnya, dimulai dari pengenalan kebutuhan, perwujudan motivasi, pencarian informasi, pengolahan informasi, perilaku membeli, dan asosiasi terhadap merek perhiasan.Kerangka konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah perilaku konsumen dengan penjelasan mengenai model perilaku konsumen, karakteristik konsumen wanita, serta teori mengenai stimulus-response, dengan penjelasan mengenai bagaimana wanita mengolah stimuli untuk mengambil keputusan membeli perhiasan.Definisi operasional yang digunakan adalah motivasi wanita membeli perhiasan, sumber informasi tentang perhiasan, pengambilan keputusan membeli perhiasan, dan ekuitas merek perhiasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan mengolah data secara kuantitatif, dipadu dengan teknik penelitian secara accidential, serta analisa sederhana menggunakan tabel.Pengumpulan data dilakukan dengan penggunaaan instrumen kuesioner dengan screening untuk menjaring responden yang memenuhi syarat.Analisa data yang sederhana diharapkan dapat mempermudah memahami hasil penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan lemahnya pengetahuan wanita mengenai merek perhiasan, dan lebih diandalkannya sumber informasi non media, yang artinya wanita cenderung mengandalkan sumber informasi peronal.Kurangnya kecenderungan mengikuti trend perhiasan juga mempengaruhi lemahnya tingkat pengetahuan tentang kualilikasi merek perhiasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 22/07 Zub p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; WOMEN CONSUMER
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ELLI ZUBAIDAH, 079815856UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYan Yan Cahyana, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 31 May 2007 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 19:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18113
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item