TAYUB DALAM RANGKAIAN UPACARA NYADRAN : Studi Deskriptif Kesenian Tayub Di Desa Ngringin,Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk

KARTIKA CITRAWATI, 079414537 (2003) TAYUB DALAM RANGKAIAN UPACARA NYADRAN : Studi Deskriptif Kesenian Tayub Di Desa Ngringin,Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2007-citrawatik-5537-fisant-k.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-citrawatik-5537-fisant-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia tidak pernah lepas dari adanya perilaku spiritual dan aktivitas kesenian sebagai sarana untuk melepaskan ketegangan-ketegangan yang terjadi dalam kehidupan sehari-harinya serta untuk mencari kematangan dan keseimbangan hidup. Kesenian tayub sebagai seni pertunjukan (performing art) juga berfungsi sebagai suatu prosesi dari upacara-upacara ritual sebagai ucapan rasa syukur terhadap Sang Pencipta. Hal ini biasanya ditemukan pada masyarakat petani di Jawa, tidak terkecuali yang ada di Desa Ngringin, Kecamatan Lengkong, Kabupaten. Nganjuk. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Pementasan Kesenian Tayub Dalam Rangkaian Prosesi Nyadran (Sedekah Desa) yang merupakan kegiatan ritual rutin yang diadakan setiap tahun pada masyarakat Desa Ngringin, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata¬kata tulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan fenomena nyadran secara utuh. Nyadran pada masyarakat Desa Ngringin merupakan suatu acara ritual sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Sang Pencipta. Ungkapan tersebut direalisasikan dengan mementaskan kesenian tayub yang berfungsi_ sebagai suatu karya seni yang merupakan bagian dari keterikatan masyarakat Desa Ngringin terhadap kosmos yang melingkarinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis Ant 2 7/07 Cit t
Uncontrolled Keywords: ART,JAVANESE; RITES AND CEREMONIES
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
KARTIKA CITRAWATI, 079414537UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Adi Prasetyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 30 Nov 2007 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 19:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18121
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item